alexametrics

Mengonsumsi 5 Unsur dalam Makanan Ini Akan Meningkatkan IQ Janin

Andi Nitha Nahfiah
Mengonsumsi 5 Unsur dalam Makanan Ini Akan Meningkatkan IQ Janin
Ilustrasi Ibu Memberi Makan Bayi. (pexels.com)

Apakah kamu sedang hamil? Mau dong jika kelak bayinya lahir dan setelah dewasa mempunyai IQ tinggi. Jangan khawatir, hal ini dapat diusahakan sejak dini, lho.

Pada saat kamu hamil, terutama trimester pertama, harus mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bernutrisi tinggi. Makanan ini terbukti membantu pertumbuhan fisik dan otak janin. Berikut 5 unsur makanan yang dapat meningkatkan IQ janin sejak dalam kandungan, yaitu:

1. Makanan mengandung Omega-3

Omega-3 adalah protein yang tidak dapat dihasilkan tubuh, tetapi sangat dibutuhkan. Agar terpenuhi kebutuhan  omega-3 tersebut didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Omega-3 memegang peranan sebagai membentuk sel membran dan syaraf.

Keduanya berperan pada pertumbuhan janin dan membantu dalam pembentukan neuron. Neuron adalah syaraf yang menghubungkan otak dengan bagian tubuh lain. Neuron juga sebagai pengirim pesan melalui implus listrik dari sel-sel otak. Makanan mengandung omega-3 terdapat pada ikan-ikanan.

2. Sayuran dan buah-buahan

Dalam buah dan sayuran banyak mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Semua ini untuk menunjang pertumbuhan sel tubuh dan otak janin. Kamu dapat mengonsumsi buah pepaya, blackberry, blueberry, jeruk, dan lain-lain. Untuk sayuran dapat mengonsumsi bayam, kangkung, daun lembayung, dan lain-lain.

3. Protein

Pada saat hamil terjadi pembentukkan jaringan otak, kulit, otot, dan lain-lain. Proses ini memerlukan protein sebagai sumber utama pembentuk jaringan. Jika ada kerusakan pada jaringan, protein juga yang bertugas memperbaiki sehingga bayi tidak akan lahir cacat.

Protein terdapat pada, telur, daging, ikan, keju, yoghurt, kacang-kacangan, dan lain-lain. Di antara sumber protein tersebut, telur paling sering dikonsumsi karena murah dan mudah di dapat. 

Di kutip dari WebMD, Beth Saltz, RD, seorang chef di Los Angels mengatakan, protein dan nutrisi yang terdapat dalam telur sangat membantu anak dalam berkonsentrasi. Karena kuning telur pada telur mengandung lecithin yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat anak.

4. Makanan mengandung zat besi

Zat besi adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Zat besi berfungsi untuk mentransfer oksigen dari ibu ke janin. Selain itu zat besi juga sebagai pembentuk sel darah merah untuk ibu dan janin.

Jika terjadi kekurangan zat besi pada ibu hamil, maka janin akan mengalami gangguan dalam fungsi otak. Zat besi terdapat pada kacang-kacangan, tahu, sereal, yoghurt, hati, dan lain-lain.

5. Makanan mengandung vitamin D

Vitamin D sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang serta kekebalan tubuh. Selain itu untuk pertumbuhan sel otak janin. Disarankan untuk ibu hamil rajin berjemur disinar matahari pagi, mengonsumsi, susu, telur, ikan salmon, dan lain-lain.

Senangkan jika kelak mempunyai anak yang memiliki IQ tinggi. Maka saat hamil penting mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi seperti yang telah disebutkan di atas, ya. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi:

Alodokter.com  & Klikdokter.com

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak