alexametrics

Sering Dianggap Tanaman Liar, Ternyata Ini 6 Manfaat Buah Kersen bagi Tubuh

Xandra Junia Indriasti
Sering Dianggap Tanaman Liar, Ternyata Ini 6 Manfaat Buah Kersen bagi Tubuh
Ilustrasi Buah Kersen (unsplash)

Kersen merupakan buah yang mirip dengan ceri dari segi bentuk dan warna. Namun, keberadaannya lebih mudah ditemukan karena banyak tumbuh di pinggir jalan. Tidak heran jika buah kersen sering dianggap sebagai tanaman liar.

Meskipun begitu, buah yang memiliki rasa manis ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut ini 6 manfaat buah karsen seperti dirangkum dari hellosehat dan Website Dinas Kesehatan Kabupaten Badung.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kersen memiliki vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan ini dikenal dapat meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh menjadi lebih kebal. Kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Cobalah untuk mengonsumsi buah ini usai makan setiap hari.

2. Memelihara Sistem Pencernaan

Buah kersen juga punya kandungan serat yang dikenal ampuh dalam memelihara sistem pencernaan. Kamu akan dijauhkan dari berbagai masalah, seperti sembelit atau susah buang air besar. Dengan begitu, perut menjadi aman tanpa perlu merasakan sakit dan penuh akibat penumpukan kotoran pada usus.

3. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi adalah suatu kondisi di mana tekanan darah menjadi tinggi. Biasanya diakibatkan oleh kebiasaan merokok atau terlalu banyak mengonsumsi asin dan lemak jenuh. Jika tidak segera diatasi, dapat memicu risiko berbagai penyakit mematikan, seperti serangan jantung dan stroke.

Menurut sebuah penelitian di tahun 2018, buah kersen menjadi salah satu alternatif yang bisa mengatasi hipertensi. Hal ini dikarenakan kandungan oksidanitrat yang mampu merelaksasi pembuluh darah. Jadi, darah akan lebih mudah mengalir dan mengurangi tekanannya.

4. Mencegah Anemia

Buah kersen juga kaya akan zat besi. Sudah diketahui, jika kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah kekurangan sel darah merah atau anemia. Penyakit ini biasanya ditandai dengan tubuh yang mudah lelah, sakit kepala, dan berwajah pucat.

Zat besi pada kersen ini akan bekerja dalam proses pembentukan sel darah merah pada tubuh. Dengan begitu, kamu akan tetap sehat dan terhindar dari masalah yang bisa menjadi penyakit berbahaya tersebut.

5. Meredakan Nyeri

Sebagian dari kamu mungkin sering mengonsumsi obat-obatan yang punya efek analgesik guna meredakan nyeri. Mulai dari radang sendi, asam urat, atau sakit gigi. Sifat tersebut memang dianggap ampuh oleh para ahli dalam mengurangi rasa sakit. 

Analgesik juga bisa kamu temukan pada buah kersen, lho. Efek ini diperoleh dari vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan tersebut mampu mengelola nyeri dengan meredakannya, sehingga kamu tidak merasakan sakit lagi.

Namun, perlu diingat bahwa kersen tidak bisa menyembuhkan nyeri. Ia hanya mampu menghambat dan meredakan saja. Jika terus-terusan tidak membaik, segera kunjungi para ahli untuk diobati lebih lanjut.

6. Menyehatkan Jantung

Buah kersen memiliki nutrisi yang berfungsi dalam melindungi miokardium. Jika sampai rusak, otot-otot jantung ini mengakibatkan penurunan dalam membatasi kebocoran enzim. Kondisi tersebut dapat mengganggu kesehatan jantung.

Nah, buah kersen ini akan bekerja mencegah kebocoran tersebut. Jadi, jantung bisa tetap aman dan terlindungi dari berbagai masalah yang dapat merusak fungsinya.

Itulah keenam manfaat buah kersen. Lalu, apakah kamu sering menjumpainya di jalan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak