alexametrics

Sempat Viral Jadi Selai Roti, Ini 5 Manfaat Buah Srikaya

Xandra Junia Indriasti
Sempat Viral Jadi Selai Roti, Ini 5 Manfaat Buah Srikaya
Ilustrasi Buah Srikaya. (pixabay)

Srikaya banyak tumbuh di negara tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Kulitnya hijau bergerigi dengan daging putih yang bertekstur lembut. Rasanya juga cenderung manis. Tidak heran buah ini diolah menjadi selai dan sempat viral beberapa waktu lalu.

Selain enak dijadikan topping roti, srikaya nyatanya punya banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh, lho. Nah, berikut ini 5 di antaranya:

1. Mengatasi ketombe dan kutu

Masalah rambut seperti ketombe dan kutu tentu akan membuatmu menjadi kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, banyak cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya, dengan menggunakan ekstrak srikaya.

Berbagai penelitian mengungkapkan jika biji buah srikaya yang dikeringkan mampu membasmi ketombe dan kutu. Hal ini dikarenakan adanya kandungan minyak kuning yang merupakan iritan bagi masalah tersebut. Kadar minyak ini mencapai 45 persen.

Cara memakainya, campurkan ekstrak srikaya dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan pada rambut dan kulit kepala. Balut menggunakan handuk, lalu diamkan selama 1-2 jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

2. Menjaga sistem pencernaan

Srikaya memiliki kandungan yang bersifat astringen. Maknanya, dapat mengurangi kadar air pada feses serta mengurangi frekuensi BAB atau buang air besar. Maka dari itu, buah ini dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan menjauhkannya dari bakteri yang menyebabkan diare dan disentri.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Srikaya juga menjadi buah yang mengandung vitamin C. Kadarnya mencapai 31 persen dari kebutuhan asupan harian. Kandungan ini dapat membantu tubuh dalam melawan zat asing, sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Terlebih yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan racun.

Oleh karenanya, untuk melindungi diri dari serangan tersebut, konsumsi srikaya secara rutin. Dengan begitu, daya tahan tubuh akan semakin meningkat dan kamu bisa tetap sehat. 

4. Menghambat pertumbuhan kanker

Srikaya tinggi akan antioksidan, yang mana kandungan ini dikenal sebagai obat ampuh dalam melawan radikal bebas. Jika zat ini sudah terlalu banyak, maka dapat merusak tubuh dengan berbagai penyakit berbahaya. Satu diantaranya adalah kanker.

Sebuah studi menyatakan bahwa srikaya memperlihatkan adanya sitotoksisitas (tingkat zat rusak) pada sel kanker. Maknanya, buah ini dapat menghambat pertumbuhan sel ganas tersebut dengan menghancurkannya. Jadi, risiko terkena penyakit berbahaya ini bisa berkurang.

5. Mengontrol gula darah

Terakhir, srikaya merupakan asupan yang indeks glikemik-nya tergolong rendah. Istilah ini menandakan suatu kadar glukosa yang dihasilkan oleh makanan. Semakin tinggi jumlahnya, gula darah bisa terus meningkat. 

Dengan kata lain, buah ini memiliki potensi untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa srikaya punya sifat antidiabetes, sehingga dapat dijadikan salah satu obat untuk menangani diabetes tahap awal.

Itulah kelima manfaat yang bisa diperoleh dari srikaya. Apakah kamu menjadi semakin tertarik untuk mengonsumsinya?

Sumber:

hellosehat, alodokter

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak