facebook

Jangan Pusing, Ini Makanan yang Sehat untuk Dijadikan MPASI

Desyta Rina Marta Guritno
Jangan Pusing, Ini Makanan yang Sehat untuk Dijadikan MPASI
Ilustrasi anak sedang menikmati makanannya. (Pixabay//avitalchn)

Jika bayi telah berusia lebih dari 6 bulan, ia sudah diperbolehkan untuk mengenal bentuk serta rasa makanan selain ASI. Meski demikian, mengutip dari laman Alodokter pemberian MPASI atau Makanan Pendamping ASI sebaiknya dilakukan secara bertahap, tidak harus dengan porsi banyak asal bisa dilakukan secara rutin. Juga tidak perlu memaksa bayi untuk menghabiskan makanannya karena bayi juga membutuhkan waktu adaptasi.

Tahap awal pemberian MPASI bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mengenali tanda-tanda bayi yang telah siap makan, biasanya bayi akan dapat meraih makanan yang diberikan padanya kemudian memasukannya ke mulut, hal itu terjadi karena telah adanya koordinasi antara mata, mulut, dan tangan.

Selain itu, Anda pasti pernah menemukan peristiwa ketika bayi menginginkan makanan yang Anda bawa, itu juga merupakan pertanda bahwa bayi telah siap makan.

Dalam memberikan MPASI tentunya kita harus memperhatikan nutrisi dari makanan tersebut, berikut ini adalah makanan yang sehat yang dapat dijadikan sebagai MPASI.

1. Sayuran

Sayur tidak hanya baik untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak bahkan bayi sekalipun. Contoh, sayuran yang baik dijadikan MPASI adalah brokoli, mengutip dari laman Alodokter brokoli kaya akan serat, kalsium, dan folat yang baik untuk pencernaan dan tumbuh kembang anak.

Selain itu juga ada ubi yang kaya akan betakaroten dan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain kedua sayur tersebut sayur jenis lain seperti bayam dan wortel juga sama baiknya.

2. Daging Ikan, Ayam, atau Sapi

Mengutip dari laman Klikdokter, daging ikan mengandunk zink yang berperan penting dalam memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi. Selain ikan, daging ayam atau sapi juga baik untuk dijadikan MPASI, mengutip dari laman Alodokter daging ayam atau sapi mengandug zat besi, niacin, vitamin B6, dan seng yang baik untuk bayi.

3. Buah Alpukat

Mengutip dari laman Klikdokter, buah alpukat memiliki tekstur dan rasa yang ringan sehingga cocok diberikan untuk bayi, selain itu alpukat juga mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk pertumbuhan organ penting bayi.

4. Pisang

Pisang mengandung asam folat yang membantu menjaga kesehatan otak bayi, pisang juga bisa langsung diberikan pada bayi tanpa mengolah atau menambahkan apapun karena rasanya sudah lezat dan teksturnya lembut.

Itulah makanan yang sehat dan baik untuk dijadikan sebagai MPASI, tentunya makanan diatas perlu dihaluskan terlebih dahulu agar bayi tidak tersedak. Selain itu juga perlu diperhatikan apabila bayi alergi terhadap suatu makanan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak