alexametrics

Beberapa Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Mualifah Putriana
Beberapa Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Ilustrasi Lemon. (pixabay.com)

Salah satu buah kaya manfaat yang baik untuk dikonsumsi adalah lemon. Mengutip dari Alodokter, di dalam 100 gram lemon mengandung kurang lebih 29 kalori dan juga beberapa nutrisi di antaranya adalah karbohidrat, protein, gula, serat, kalium, kalsium, dan berbagai vitamin yaitu (vitamin A, vitamin B6, dan C).

Tidak hanya sampai di situ saja, lemon juga mengandung fosfor, magnesium, zinc, dan kaya akan antioksidan. Setelah mengetahui kandungannya sebenarnya apa saja sih manfaat mengonsumsi lemon untuk kesehatan?

Hellosehat memaparkan beberapa khasiat dan manfaat dari lemon yaitu:

1. Membantu melancarkan pencernaan 

Kandungan asam dan serat pektin yang ada pada buah lemon dapat membantu proses penguraian makanan di dalam perut. Dianjurkan untuk mencampurkan air dan juga daging lemon dengan air hangat agar memperoleh hasil yang maksimal untuk melancarkan pencernaan.

2. Menjaga dan meningkatkan imun tubuh 

Lemon mengandungan vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin C ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu juga membantu melindungi tubuh dari infeksi. 

3. Membantu memelihara kesehatan jantung

Vitamin C yang terkandung pada buah lemon tidak hanya bermanfaat sebagai peningkat imun saja, vitamin C ini juga bermanfaat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan juga stroke.

Selain itu, lemon juga mengandung senyawa hesperidin dan diosmin yang dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu pemicu penyakit jantung.

4. Membantu mencegah terjadinya anemia

Lemon mengandung zat besi yang akan membantu dalam produksi hemoglobin pada sel darah merah. Apabila tubuh kekurangan sel darah merah, bisa terjadi anemia. Ciri-ciri umum yang akan muncul diantaranya adalah lemas dan tidak bertenaga untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Vitamin C yang ada pada buah lemon juga bermanfaat untuk membantu menyerap zat besi sebanyak mungkin dari asupan makanan yang dikonsumsi. Sangat penting bukan?

5. Membantu mengontrol berat badan

Campuran antara air dan lemon dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Sehingga mampu menahan asupan kalori yang dikonsumsi. Secara langsung akan mempengaruhi berat badan. Namun, air lemon bermanfaat baik apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

6. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Kalsium dan kalium yang terkandung di dala lemon akan membantu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang maupun otot. Kedua mineral diatas memiliki manfaat lain yaitu menjaga keseimbangan tekanan darah.

Selain bermanfaat bagi tubuh, lemon dan beberapa sumber vitamin C lainnya juga baik untuk kecantikan, diantaranya berfungsi sebagai pencerah kulit, mengontrol minyak, menghaluskan kulit dan juga mencegah penuaan dini.

Namun menurut forum diskusi Alodokter, penggunaan air lemon secara langsung pada wajah tidak dianjurkan, dikarenakan dapat menyebabkan iritasi pada beberapa kulit yang sensitif. Namun jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak brand kecantikan yang memproduksi produk berbahan vitamin C yang dapat kamu gunakan sehari-hari dengan lebih aman tentunya. 

Semoga semua informasi di atas bermanfaat ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak