facebook

4 Bahan Alami Basmi Ketombe

Mualifah Putriana
4 Bahan Alami Basmi Ketombe
Ilustrasi rambut.[Pixels]

Salah satu permasalahan yang banyak dikeluhkan seseorang mengenai kesehatan rambut adalah kerontokan rambut, ketombe, serta rambut kusut dan bercabang. Berbagai permasalahan ini dialami karena kulit kepala tidak sehat. Mulai dari kulit kepala terlalu berminyak sampai terlalu kering rentan mengalami permasalahan tersebut. Oleh karena itu, banyak produk kesehatan rambut yang dibuat khusus untuk mengatasi beberapa permasalahan ketombe.

Tapi tahukah kamu, selain beberapa produk yang ada di pasaran, ada beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi ketombe, apa saja? Mengutip dari laman Halodoc, ada empat bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati ketombe:

1.    Tea tree oil

Tea tree oil merupakan salah satu bahan alami yang memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah mengobati jerawat juga membasmi ketombe karena memiliki sifat antimikroba dan antiimflamasi. Berdasarkan ulasan yang disadur dari Healthline, tea tree oil efektif melawan jenis jamur penyebab dermatitis seboroik dan ketombe. Tea tree oil juga bermanfaat mengurangi rasa gatal yang muncul akibat adanya ketombe. Tetapi ada beberapa orang yang memiliki kulit yang sensitif terhadap tea tree, jadi pastikan untuk menggunakan secukupnya dahulu untuk mengetahui reaksi alergi.

2.    Minyak kelapa

Siapa yang tidak tahu kecanggihan dari minyak kelapa? Minyak kelapa sangat bermanfaat bagi kecantikan dan juga kesehatan. Minyak kelapa mampu meningkatkan hidrasi kulit, oleh karenanya minyak kelapa baik untuk mencegah ketombe. Sebagian besar orang yang berketombe memiliki kondisi kulit kepala yang kering. Oleh karenanya penggunaan minyak kelapa adalah salah satu pilihan yang tepat. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan minyak kelapa selama 8 minggu dengan penggunaan 2 kali seminggu.

3.    Lidah buaya

Salah satu bahan alami yang bisa mengatasi ketombe berikutnya adalah bahan yang sangat mudah didapatkan. Lidah buaya juga memiliki beberapa manfaat lainnya yaitu mencegah melepuh pada luka bakar. Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti jamur sehingga membantu dalam mencegah dan juga pengobatan ketombe. Penggunaannya pun mudah. Selain itu, lidah buaya juga baik untuk perawatan kesehatan rambut.

4.    Cuka apel

Bahan alami terakhir adalah cuka apel. Keasamannya dipercaya dapat menstimulasi pelepasan sel kulit mati yang ada pada lapisan kulit kepala. Sehingga mencegah terjadinya penumpukan sel kulit mati yang menjadi salah satu penyebab dari ketombe. Selain itu juga membantu menyeimbangkan kadar ph kulit kepala yang nantinya dapat mencegah pertumbuhan jamur.

Kamu juga bisa menggunakan sampo yang sudah di formulasikan khusus untuk kulit kepala berketombe dan juga menggunakan beberapa bahan alami diatas kurang lebih 2-3 kali dalam satu minggu. Gunakan secara rutin beberapa minggu untuk hasil yang maksimal.

Apabila ketombe belum juga hilang, kamu bisa berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu dalam menggunakan bahan alami, meskipun diklaim lebih aman daripada beberapa bahan kimia, penggunaannya pun harus diperhatikan. Gunakan secukupnya saja tetapi secara teratur agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang inginkan.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak