facebook

3 Makanan Manis yang Bermanfaat untuk Tubuh

Mualifah Putriana
3 Makanan Manis yang Bermanfaat untuk Tubuh
Ilustrasi madu dan makanan manis.[Pixels]

Ada berbagai macam tanggapan tentang salah satu makanan manis. Makanan manis sering kali menimbulkan berbagai kontroversi mulai dari dianggap sebagai penyebab obesitas, kadar gula darah yang tinggi, kerusakan gigi sampai dengan berbagai macam penyakit lainnya.

Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan manis yang justru bermanfaat bagi tubuh? Mengutip dari Halodoc, sebenarnya makanan manis memiliki  beberapa manfaat bagi tubuh lho, diantaranya adalah:

1. Sumber energi

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Di dalam tubuh, karbohidrat diubah menjadi glukosa yang akan digunakan untuk energi. Glukosa ini tersimpan dan akan digunakan saat tubuh memerlukannya.

2. Memperbaiki suasana hati

Makanan manis sangat bermanfaat bagi kamu yang sering mengalami mood swing. Saat mengonsumsi makanan manis, otak akan melepaskan hormon serotonin yang akan membantu menstabilkan suasana hati. Bagi beberapa orang yang menyukai makanan manis, makanan manis juga meningkatkan produksi hormon dopamin yang akan membuat bahagia orang yang mengonsumsinya.          

3. Meningkatkan kemampuan berfikir

Tidak hanya meningkatkan kemampuan berfikir, mengonsumsi makanan manis juga meningkatan daya ingat dan juga konsentrasi. Hal ini dikarenakan sumber energi yang dihasilkan oleh beberapa makanan manis.           

Nah, karena memiliki banyak manfaat mari simak beberapa makanan manis yang aman untuk dikonsumsi pengidap beberapa penyakit termasuk penderita diabetes:

1. Buah-buahan

Tidak dipungkiri bahwa berbagai macam buah-buahan memiliki rasa manis yang alami. Selain menyehatkan, buah-buahan juga akan mengembalikan mood kamu yang berantakan. Selain mengandung rasa manis alami, buah-buahan juga kaya akan berbagai macam vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

2. Madu

Madu biasanya digunakan sebagai pengganti gula dalam berbagai hidangan. Rasa manis madu yang lezat membuatnya cocok untuk dipadukan pada berbagai macam makanan. Mengonsumsi madu juga baik untuk kesehatan tubuh.

3. Biji-bijian

Banyak olahan makanan yang berasal dari berbagai biji-bijian, meskipun tidak mengandung rasa manis seperti halnya madu, tetapi biji-bijian juga mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Setelah mengetahui apa saja makanan yang mengandung pemanis alami, akan lebih baik apabila kita mengetahui beberapa olahan makanan yang bisa di buat menggunakan bahan-bahan tersebut. Dikutip dari Sehatq inilah beberapa olahan makanan yang bisa dibuat untuk memenuhi kebutuhan gula, namun tetap aman dikonsumsi tubuh:

1. Jus buah

Salah satu olahan mudah dan juga enak adalah jus buah. Jus buah yang sehat dibuat dengan tidak mencampurkan gula di dalamnya, atau bisa juga menambahkan madu dengan takaran sekitar 1-2 sendok makan saja. dijamin rasanya enak dan menyegarkan.

2. Kue kering tanpa tepung

Kue kering dapat dibuat dari berbagai macam biji-bijian. Kue sering berbahan dasar gandung (oat) adalah salah satu pilihan yang terbaik untuk kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Resep ini juga bisa menjadi salah satu alternatif camilan diet kamu lho.

3. Keripik buah

Ada berbagai macam buah yang bisa kamu jadikan keripik diantaranya adalah pisang, apel, salak, nangka, dan buah-buahan yang lainnya. Cocok untuk dimakan sebagai camilan dan tentunya tidak mengandung bahan pemanis buatan.

Nah, ternyata masih ada berbagai alternatif untuk kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Menu tersebut juga bisa kamu berikan untuk yang sedang memulai ntuk menjalani hidup sehat. Semoga semua informasi tersebut bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak