facebook

Biasa Dijadikan Bahan Makanan Berkuah, Ini 5 Manfaat Jamur Enoki

Xandra Junia Indriasti
Biasa Dijadikan Bahan Makanan Berkuah, Ini 5 Manfaat Jamur Enoki
Ilustrasi Jamur Enoki. (freepik)

Penjualan jamur enoki sempat dilarang oleh pemerintah Indonesia usai kabar kandungan zat beracun di dalamnya. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena tidak semuanya terkontaminasi. Tidak heran jika saat ini keberadaannya kembali mudah ditemukan di tiap pasar, supermarket, dan minimarket.

Selain nikmat untuk dijadikan bahan menu berkuah, jamur enoki nyatanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Nah, di bawah ini 5 diantaranya.

1. Menjaga kesehatan jantung

Tahukah kamu bahwa jamur enoki mampu menjaga kesehatan jantung? Hal ini dikarenakan adanya senyawa polisakarida dan mikosterol yang ampuh dalam mengurangi kadar kolesterol jahat. Ditambah kandungan serat yang dapat membantu proses metabolisme serta menyerap kolesterol berlebih.

Dengan begitu, mengonsumsi jamur enoki sama saja seperti menjaga kesehatan jantung dan menjauhinya dari berbagai masalah yang mungkin dapat memicu kematian.

2. Mencegah pertumbuhan kanker

Menurut beberapa penelitian, jamur enoki memiliki kandungan vitamin dan nutrisi lain yang dapat mencegah pertumbuhan kanker. Selain itu, jenis ini mampu menurunkan aktivitas produksi tumor, sel kanker hati serta payudara. Dengan kata lain, kamu bisa menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

3. Memelihara saluran pencernaan

Jamur enoki nyatanya sama dengan kebanyakan tanaman yang mengandung serat tinggi. Kadarnya mencapai 1,8 gram yang cocok untuk memenuhi kebutuhan asupan harian.

Seperti diketahui, kandungan ini mampu menjaga kesehatan bagian tersebut. Beberapa diantaranya adalah melembutkan feses agar mudah melewati usus serta mengurangi risiko gangguan pencernaan, seperti kanker kolorektal.

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Tubuh dengan sistem imun yang kurang kokoh rentan terkena penyakit. Biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, dan mikroorganisme lain. Meskipun berukuran kecil, kamu tidak bisa meremehkan mereka saat sudah menyerang sel atau jaringan.

Oleh karena itu, yang kamu perlukan adalah memperkuat daya tahan tubuh agar selalu sehat. Misal, dengan mengonsumsi jamur enoki yang mengandung protein. Kadarnya sekitar 1,7 gram atau setara dengan sayuran hijau lainnya. Zat ini dipercaya mampu meningkatkan sistem imun, sehingga kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit tersebut.

5. Membantu proses diet

Jamur enoki merupakan salah satu asupan yang rendah kalori, serta mengandung sedikit karbohidrat. Ditambah tidak adanya kandungan gula dan lemak pada jenis ini, sehingga cocok bagi kamu yang tengah diet.

Kamu bisa mengganti semua makanan yang memicu kenaikan berat badan dengan jamur enoki. Dengan begitu, proses diet ini akan berlangsung lebih cepat dan tubuh ideal dapat segera kamu miliki. Menyenangkan, bukan?

Itulah kelima manfaat yang bisa diperoleh dari jamur enoki. Apakah kamu pernah bahkan sering mengonsumsinya?

Sumber:

hellosehat, sehatq

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak