alexametrics

Tak Hanya Menghangatkan, Ini 5 Manfaat Berendam pada Air Hangat

Xandra Junia Indriasti
Tak Hanya Menghangatkan, Ini 5 Manfaat Berendam pada Air Hangat
Ilustrasi Berendam Air Hangat (pixabay)

Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan. Cuaca menjadi lebih dingin dari biasanya dan tubuh rentan terkena mengalami berbagai penyakit.

Guna terhindar dari masalah tersebut, kamu perlu berendam dalam air hangat. Tak hanya menghangatkan tubuh, aktivitas ini nyatanya memliki beragam manfaat. Disadur dari alodokter dan sehatq, berikut 5 manfaatnya.

1. Mampu Merelaksasi

Manfaat berendam air hangat yang pertama dan paling dikenal banyak orang adalah mampu merelaksasi, baik tubuh, pikiran, otot, kulit, maupun perasaan. Pasalnya, suhu tersebut dapat memberi efek menenangkan.

Tiap orang pasti memiliki masalah hidup dan aktivitas masing-masing dapat memicu rasa lelah. Jika dibiarkan, bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti stres hingga depresi.

Guna mengatasinya, kamu perlu mencoba salah satu alternatif ini, yakni berendam menggunakan air hangat. Sebagai klaim, dirimu akan lebih siap menjalani hari-hari usai melakukan hal tersebut.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Insomnia adalah gangguan di mana penderitanya mengalami susah tidur, serta kualitasnya yang menurun. Penyebabnya sendiri beragam, seperti stres akibat terlalu banyak yang dipikirkan.

Sudah disinggung pada poin pertama, bahwa berendam air hangat dapat menenangkan pikiran. Hal ini dikarenakan suhu tubuh yang menurun lebih lama, maka kamu bisa merasa lebih rileks.

Kondisi tubuh yang tenang, tentu akan mempercepat keinginan untuk tidur serta kualitasnya meningkat, seperti lebih nyenyak.

3. Detoksifikasi Alami

Keringat merupakan salah satu metode pembuangan racun dari dalam tubuh. Biasanya dipicu dengan melakukan berbagai kegiatan aktif, seperti olahraga. Namun, tanpa bergerak pun nyatanya bisa dikeluarkan, lho.

Misal, berendam dalam air hangat yang juga mampu meningkatkan produksi keringat. Saat melakukannya, hormon endokrin beserta sistemnya menjadi aktif, sehingga tubuh akan berkeringat lebih banyak. Proses tersebut dinamakan detoksifikasi atau pengeluaran racun.

4. Memperlancar Sirkulasi Darah

Berendam pada air hangat dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar. Situasi seperti ini nyatanya mampu memperlancar sirkulasi darah.

Dengan begitu, sel dan jaringan tubuh akan memperoleh asupan nutrisi yang cukup. Tandanya, kamu bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang ada kaitannya dengan penyempitan pembuluh darah.

5. Melancarkan Saluran Pernapasan

Terakhir, air hangat dan tekanan dada saat berendam di dalamnya disebut mampu melancarkan saluran pernapasan. Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas paru-paru serta memenuhi kebutuhan oksigen.

Dengan kata lain, berendam dalam air hangat membantumu terhindar dari berbagai jenis penyakit, mulai dari flu, pilek, bronkitis, dan lain-lain yang ada kaitannya dengan sistem pernapasan.

Itulah kelima manfaat dari berendam air hangat. Apakah kamu pernah atau bahkan rutin melakukannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak