facebook

5 Manfaat Gandum, Salah Satunya Dapat Mengurangi Berat Badan

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Gandum, Salah Satunya Dapat Mengurangi Berat Badan
Gandum dan Olahannya (pixabay)

Gandum termasuk biji-bijian yang cukup banyak dicari orang sebagai pengganti nasi. Mungkin, karena mengandung karbohidrat yang tinggi serta dianggap lebih sehat. Gandum biasanya diolah menjadi roti, sereal, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, gandum ternyata memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh. Disadur dari hellosehat dan sehatq, berikut 5 manfaatnya.

1. Mengatasi Sembelit

Sudah banyak diketahui jika gandum kaya akan serat. Kandungan ini berperan penting dalam mengatasi sembelit atau sulit buang air besar. Begitu pun dengan berbagai masalah pencernaan lainnya, seperti perut kembung.

Menurut sejumlah penelitian, serat gandum dapat menambahkan massa atau volume feses dan melancarkan jalannya di saluran pencernaan. Dengan begitu, buang air besar menjadi tak sesulit biasanya.

Fungsinya yang dikenal baik untuk pencernaan, membuat serat seringkali dipilih sebagai asupan diet. Terlebih bagi mereka yang memiliki masalah pada bagian tersebut.

2. Mencegah Diabetes

Gandum disebut mengandung magnesium, sebuah zat yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna karbohidrat. Oleh karenanya, zat ini dianggap mampu mencegah bahkan mengatasi penyakit diabetes.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan magnesium dipercaya dapat mengembangkan fungsi insulin. Hormon ini bekerja dalam mengatur kadar gula darah. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari diabetes.

3. Mengurangi Berat Badan

Berat badan berlebih seringkali menurunkan tingkat percaya diri. Selain itu, dapat memicu terjadinya obesitas, yang tentu tidak baik bagi kesehatan. Diet merupakan salah satu alternatif dalam mengatasi kegemukan.

Menu yang bisa kamu pilih untuk program diet tersebut adalah gandum. Kandungan seratnya juga berperan penting dalam membantu mengurangi berat badan berlebih.

Pasalnya, serat mampu memberi efek kenyang lebih cepat dan tahan lama. Dengan begitu, keinginan untuk terus makan dapat berkurang. Namun, guna memperoleh hasil maksimal, pastikan mengonsumsi gandum yang utuh.

4. Memelihara Kesehatan Usus

Sudah dibahas sebelumnya jika gandum mengandung serat yang baik bagi sistem pencernaan. Tidak terkecuali usus, yang juga  dapat dijaga kesehatannya.

Serat gandum mampu berperan sebagai prebiotik, sehingga akan memberi makan berbagai bakteri baik pada usus. Dengan begitu, gangguan seperti kanker usus bisa dicegah dan diatasi.

Fungsinya dalam mencegah kanker usus juga diperkuat oleh beberapa nutrisi lain. Diantaranya adalah antioksidan serta fitonutrien, yang mampu mengurangi risiko penyakit tersebut.

5. Meningkatkan Fungsi Otot

Gandum juga memiliki protein tinggi yang berpengaruh baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, meningkatkan fungsi otot yang akan tetap terjaga kekuatannya, sehingga tidak mudah merasa lelah atau cedera.

Kandungan ini juga nyatanya berperan penting dalam memelihara kesehatan jantung, mengontrol kadar energi, serta memperbaiki sel tubuh yang seringkali rusak akibat radikal bebas.

Itulah kelima manfaat yang dihasilkan oleh gandum. Apakah kamu berminat menjadikannya sumber karbohidrat harian?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak