facebook

5 Manfaat Paprika bagi Tubuh, Dipercaya Cocok untuk Makanan Diet

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Paprika bagi Tubuh, Dipercaya Cocok untuk Makanan Diet
Paprika. (Shutterstock)

Berapa banyak dari kamu yang tahu jika paprika adalah buah-buahan? Ya, dengan rasa yang cenderung manis dan pedas ini, paprika bukan tergolong sayuran. Warnanya sangat beragam, mulai dari hijau, merah, dan kuning. 

Keberadaan paprika digunakan sebagai bahan pelengkap berbagai masakan. Ada beberapa kandungan di dalamnya yang sejenis dengan cabai serta terong. Lalu, adakah manfaatnya bagi kesehatan? Berikut ini 5 manfaat paprika seperti dirangkum dari alodokter dan hellosehat.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Paprika memiliki antioksidan tinggi yang berasal dari vitamin C, lutein, dan betakaroten. Tiga kandungan ini diketahui mampu memingkatkan sistem imun, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

Dengan kata lain, antioksidan memberikan efek baik dalam melawan radikal bebas yang nantinya dapat memicu kerusakan sel tubuh. Tentu, kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

2. Menjaga Kesehatan Mata dan Tulang

Antioksidan dalam paprika yang berupa lutein dan zeaxanthin memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Keduanya ditambah vitamin A, C, E, mampu mencegah indera penglihatan dari beberapa gangguan, seperti katarak dan degenerasi makula (biasa terjadi pada manula).

Selain itu, ada karotenoid pada paprika yang berfungsi dalam memelihara kesehatan tulang. Menurut berbagai studi, kandungan ini mampu mencegah kerusakan di bagian tersebut. Terlebih bagi wanita yang mulai memasuki masa menopause (berhenti haid).

3. Mencegah Anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Gejalanya dapat berupa mudah lelah, pusing, sesak napas, dan penglihatan yang sedikit terganggu.

Guna mencegah terjadinya masalah ini, kamu dapat memenuhi asupan harian berbagai nutrisi. Diantaranya adalah folat, vitamin B12, dan zat besi. Nah, kandungan tersebut bisa kamu dapatkan melalui paprika.

Paprika diketahui tinggi akan vitamin C, di mana fungsinya mampu meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh. Dengan begitu, jumlah sel darah merah dapat selalu terpenuhi, sehingga menghindarimu dari penyakit anemia.

4. Mengurangi Berat Badan Berlebih

Sudah disinggung sebelumnya jika paprika satu jenis dengan cabai. Oleh karena itu, buah ini juga kaya akan capscain. Tak hanya mengobati radang, kandungan ini mampu membantu dalam proses penurunan berat badan.

Capscain berfungsi meningkatkan metabolisme, sehingga kalori dan lemak jahat pada tubuh bisa dibakar lebih banyak. Kemudian, ada serat yang akan membuatmu merasa cepat kenyang dan tahan lama. Jadi, keinginan untuk makan banyak dan sering dapat berkurang.

Meskipun begitu, kamu tidak bisa hanya mengandalkan paprika untuk mengurangi berat badan berlebih. Pola hidup sehat lainnya perlu diterapkan, seperti jaga asupan lain, rutin berolahraga, dan waktu tidur tercukupi.

5. Memelihara Jantung dan Pembuluh Darah

Berdasarkan sebuah jurnal, capscain pada paprika juga dianggap ampuh dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Seperti halnya pengerasan arteri atau yang biasa disebut dengan nama aterosklerosis.

Belum lagi ada kandungan kalium yang mampu mengontrol tekanan darah. Jadi, dengan mengonsumsi paprika menandakan bahwa kamu telah memelihara fungsi jantung dan pembuluh darah.

Setelah membaca kelima manfaat paprika diatas, apakah kamu akan menjadikannya salah satu makanan favorit?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak