alexametrics

4 Makanan Penyebab Vertigo yang Harus Dihindari, Salah Satunya Makanan Tinggi Garam

Sumaiyah Putri
4 Makanan Penyebab Vertigo yang Harus Dihindari, Salah Satunya Makanan Tinggi Garam
Ilustrasi makanan tinggi gula (pexels) / Shvets Production.

Vertigo merupakan keluhan yang sering terjadi dan sangat mengganggu. Agar vertigo tidak kembali lagi, kamu bisa melakukannya dengan mengurangi penggunaan jenis makanan penyebab vertigo. Hal tersebut dapat membantu mengurangi manifestasi vertigo yang serius.

Vertigo bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, termasuk pola makanan yang kurang sehat. Penggunaan jenis makanan yang menyebabkan vertigo juga bisa sering menyebabkan vertigo berulang dan menghilangkan efek samping.

Oleh karena itu, untuk mencegah keluhan vertigo, penting bagi kamu untuk menjauhi beberapa makanan penyebab vertigo seperti disadur dari alodokter berikut ini.

1. Makanan Tinggi Gula

Makanan penyebab vertigo yang pertama adalah makanan tinggi gula. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan berulang-ulang, sumber makanan ini bisa membuat kamu berisiko terkena diabetes. Penyakit ini ditandai dengan meningkatknya gula darah dalam tubuh.

Memang, penderita diabetes bisa berada dalam bahaya untuk masalah saraf, mengingat saraf untuk telinga bagian dalam. Hal ini dapat menyebabkan vertigo menggerutu. Jadi, untuk mencegah diabetes dan vertigo, kamu harus membatasi asupan gula hingga mendekati 50 gram per hari atau setara dengan 12 sendok teh.

2. Makanan Tinggi Garam

Takaran konsumsi garam harian yang disarankan untuk orang dewasa tidak lebih dari 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh setiap hari. Pemberian garam yang tidak wajar dapat memicu terjadinya hipertensi atau hipertensi. Penyakit ini bisa mengakibatkan aliran darah di organ keseimbangan tubuh menurun dan kurang lancar, sehingga menyebabkan kamu sering vertigo.

Untuk mencegah vertigo, sebaiknya kurangi penggunaan sumber makanan tinggi garam, seperti makanan murah, makanan kaleng, cheddar, makanan ringan, dan MSG.

3. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Kafein biasanya ditemukan dalam cokelat, espresso, teh, dan minuman berkafein lainnya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa penggunaan kafein yang tidak wajar dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami vertigo dan migrain.

Hal tersebut diyakini karena efek kafein yang dapat meningkatkan risiko kekurangan hidrasi dan perubahan kinerja saraf dan otak. Hal ini membuat orang yang rutin mengonsumsi kafein bisa semakin sering terkena vertigo.

Selain itu, penggunaan kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan bahaya efek putus kafein atau efek samping penarikan kafein, yang dapat menyebabkan vertigo dan nyeri otak.

4. Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol

Sebenarnya kamu boleh saja mengonsumsi alkohol, tetapi jumlahnya perlu dibatasi. Jika dikonsumsi berlebihan atau terlalu sering, makanan dan minuman yang mengandung alkohol, seperti minuman keras, tapai, dan durian, bisa menyebabkan efek samping berupa penyempitan pembuluh darah.

Bila ada masalah vena belum ditentukan organ di telinga bagian dalam. Hal ini dapat menyebabkan kamu merasa campur aduk karena vertigo. Juga, minuman keras dapat mempengaruhi kerja pikiran, membuat perkembangan tubuh tidak sehat. Inilah hal yang terjadi ketika kamu mabuk karena alkohol.

Itulah contoh-contoh makanan penyebab vertigo yang perlu dihindari. Dengan membatasi penerimaan, keluhan vertigo kamu mungkin menjadi kurang berkelanjutan. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita vertigo, seperti telur, ikan, sayuran, serta susu. Semoga membantu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak