facebook

4 Ciri Orang yang Tidak Bisa Diberi Tanggung Jawab

Sumaiyah Putri
4 Ciri Orang yang Tidak Bisa Diberi Tanggung Jawab
Ilustrasi bekerja (pexels / Yan Krukov).

Salah satu hal yang membuatmu diperhitungkan adalah mengenai soal tanggung jawab. Tidak cuma di dunia kerja, dalam pergaulan sehari-hari pun, yang namanya orang bertanggung jawab akan lebih dihargai. Sebaliknya, jika kamu adalah orang yang sulit bertanggung jawab, maka jangan heran kalau segala urusan kamu jadi terhambat. 

4 ciri kamu orang yang tidak bisa diberi tanggung jawab.

1. Tidak Mau Mengaku Salah dan Mencari Pembenaran

Jelas-jelas bukti sudah ada di depan mata, bahwa benar kamu yang telah melakukan sebuah kesalahan. Bukannya mengaku salah serta minta maaf, kamu malah sibuk mencari pembelaan.

Hal inilah yang dinamakan tidak bertanggung jawab. Seharusnya sebelum bertindak kamu pikir dulu apa akibat serta dampaknya. Jangan asal melangkah saja tanpa perhitungan.

2. Suka Sekali Menunda Pekerjaan

Menyepelekan pekerjaan bukan termasuk wujud dari tanggung jawab. Apalagi jika sampai menunda pekerjaan yang seharusnya bisa segera diselesaikan. Sementara di luar sana banyak sekali orang yang ingin berada di posisimu. Karena memiliki pekerjaan serta penghasilan tetap setiap bulan.

Melawan rasa malas sepertinya tidak terlalu susah, selama kamu memiliki niat yang kuat. Tunjukkan pada atasanmu, bahwa tidak salah memilih kamu sebagai salah satu karyawannya.

3. Ketika Menghadapi Masalah Kamu Cenderung Menghindar

Begitu pula ketika terjadi masalah yang melibatkan dirimu. Seharusnya sebagai orang yang sudah dewasa, kamu harus bertanggung jawab. Bukannya malah menghindar.

4. Selalu Melakukan Kesalahan yang Sama Berulang Kali

Ciri orang yang bertanggung jawab adalah orang yang mau mengambil hikmah dan belajar dari kesalahannya. Bukan malah jatuh di lubang yang sama untuk kesekian kalinya. Kalau kamu selalu gagal dalam hal yang serupa, itu tandanya selama ini dirimu tidak pernah belajar apa pun.

Bagaimana tidak, masalah yang kamu timbulkan sendiri saja, tidak pernah selesai. Jadi mana ada waktu untuk belajar dari persoalan tersebut, supaya tidak melakukan kesalahan yang sama sekali lagi.

Nah, jika kamu merasakan empat ciri seperti di atas, itu menandakan jika kamu orang yang tidak bisa diberi tanggung jawab. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak