facebook

Selain Pahami Konsep Dasarnya, Ini 5 Cara Ampuh Pintar Matematika

Sumaiyah Putri
Selain Pahami Konsep Dasarnya, Ini 5 Cara Ampuh Pintar Matematika
Ilustrasi pria belajar matematika (pexels/Vanessa Garcia).

Matematika adalah mata pelajaran yang sangat sulit bagi sebagian orang. Tidak setiap orang bisa menjadi ahli di bidang matematika. Meski begitu, semua hal dipertimbangkan, matematika selalu menjadi tolok ukur kecerdasan siswa di sekolah.

Meskipun setiap orang memiliki bakat dan minat yang tidak selalu harus dikaitkan dengan matematika, namun matematika sebenarnya bisa dipahami oleh siapa pun yang mau berusaha. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kamu bisa menjadi pintar matematika. Berikut ini cara ampuh agar pintar matematika yang harus kamu ketahui.

1. Percaya Diri

Percaya diri adalah salah satu kunci penting untuk memahami dan menangani menyelesaikan soal matematika lebih cepat. Keraguan akan membuat kamu tidak mempercayai diri sendiri. Itulah alasannya, untuk menguasai matematika, kamu harus memiliki kepercayaan diri terlebih dahulu. Yakini bahwa kamu pasti bisa memecahkan pertanyaan yang ada.

2. Berlatih Terus-menerus

Selalu ingat bahwa untuk menguasai suatu hal, kamu perlu latihan yang matang. Terus berlatih soal matematika, cari celah kekurangan kamu, dan pahami kesalahan kamu. Jika kamu telah berlatih dengan sungguh-sungguh dan terus mengembangkan kemampuan kamu, menjadi pintar matematika bukan lagi impian kosong belaka.

3. Memahami Konsep Dasarnya

Memahami terlebih dahulu logika dari setiap rumus. Jika kamu memahami logika atau konsep dasar dari suatu rumus, kamu akan bisa menjawab masalah matematika lainnya. Memahami adalah yang penting. Jangan hanya menghafal. Karena amu bisa gagal untuk melupakannya. Dasar sebuah konsep membuat kamu tahu fondasi dari suatu rumus dan alasan di baliknya.

4. Bermain dengan Imajinasi

Matematika pada dasarnya membutuhkan bayangan. Kamu harus memiliki imajinasi yang baik untuk membayangkan konsep rumus dengan baik. Jika kamu dapat menggunakan imajinasi kamu, maka bukan tidak mungkin kamu akan bisa memecahkan masalah matematika setelah memahami konsep rumusnya.

5. Jangan Menghilangkan Dasar Matematika

Dasar adalah segalanya dalam matematika. Dasar matematika memiliki berbagai level. Maka jangan sampai kehilangan dasar-dasar matematika yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Nah, jika kamu ingin pintar dalam pelajaran matematika. Kamu harus menerapkan lima cara di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak