alexametrics

Bisa Kambuh Kapan Saja, Ini 5 Makanan dan Minuman untuk Penderita Maag

Mualifah Putriana
Bisa Kambuh Kapan Saja, Ini 5 Makanan dan Minuman untuk Penderita Maag
Ilustrasi makanan sehat (pexels)

Beberapa kondisi kesehatan khusus mengharuskan kita untuk menjaga pola makan. Begitupun dengan penderita maag. Maag bisa kambuh kapan saja, terlebih saat mengonsumsi makanan yang tidak seharusnya dimakan oleh penderita maag. Mengutip dari Alodokter, beberapa penyebab maag di antaranya adalah pola hidup tidak sehat, merokok, terlalu sering makan makanan pedas. 

Selain itu, maag juga mudah kambuh saat stress. Oleh karenanya, para penderita maag dianjurkan untuk memperhatikan konsumsi makanan dan pola hidup yang sehat. Disadur dari Hellosehat, berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita maag.

1. Oatmeal 

Oatmeal baik dikonsumsi oleh penderita maag. Pasalnya, gandum yang menjadi bahan baku oatmeal merupakan bahan yang mampu membantu menyerap kelebihan asam di lambung.

Selain itu, serat tinggi yang ada di gandum juga akan membantu melancarkan pencernaan di usus. Oatmeal baik untuk dikonsumsi sebagai sarapan karena membuat perut merasa kenyang lebih lama.

2. Pisang 

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki tingkat keasaman rendah sehingga baik dikonsumsi penderita maag. Tekstur pisang yang lumat juga baik untuk pencernaan sehingga dapat menghindarkanmu dari sembelit. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

3. Yogurt 

Yogurt ternyata baik, lho, dikonsumsi oleh penderita maag, asalkan dalam jumlah yang cukup dan wajar. Yogurt membantu dalam menenangkan dinding lambung dan juga melancarkan proses pencernaan. Kandungan probiotik yang ada pada yogurt membantu menjaga sistem kesehatan pencernaan.

4. Sayuran Hijau 

Kandungan gula dan juga asam pada sayuran hijau yang rendah terbukti baik untuk kesehatan lambung. Sayuran hijau juga akan dicerna dengan cepat sehingga mempermudah dalam pengosongan lambung.

Ada berbagai macam sayuran hijau yang dapat dikonsumsi penderita maag, di antaranya adalah sawi, bayam, kangkung, dan lainnya.

5. Teh jahe 

Dikenal baik untuk mengatasi masalah pencernaan, teh jahe juga baik dikonsumsi penderita maag dikarenakan memiliki sifat anti radang yang dapat menekan rasa mual dan nyeri dada akibat naiknya asam lambung. Rasa hangat dari jahe juga akan menenangkan dan membuat rileks.

Itulah 5 makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk penderita maag. Apabila terjadi gejala maag yang serius segera periksakan diri ke dokter atau bisa juga mengonsumsi obat-obatan untuk penderita maag sesuai dengan anjuran dokter, ya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak