facebook

Perlu Dicoba, Ini 5 Jenis Olahraga Pembakar Kalori Terbesar

Xandra Junia Indriasti
Perlu Dicoba, Ini 5 Jenis Olahraga Pembakar Kalori Terbesar
Ilustrasi berenang, olahraga pembakar kalori terbesar

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Ada juga beberapa di antaranya yang memanfaatkan kegiatan ini untuk mengurangi berat badan berlebih.

Berat badan nyatanya bisa berkurang dengan pembakaran kalori. Nah, di bawah ini ada 5 olahraga pembakar kalori terbesar seperti dirangkum dari artikel halodoc dan hellosehat.

1. Jogging

Jogging berarti lari dalam bahasa Indonesia dan merupakan olahraga paling hemat biaya, serta sederhana. Kamu bisa melakukannya dengan berkeliling di sekitar rumah. Disarankan mencobanya di pagi hari, agar kulit terhindar dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Selain memperkuat otot dan tulang, jogging juga dipercaya ampuh dalam menurunkan berat badan. Orang dewasa yang melakukannya selama 60 menit dengan jarak lari sekitar 5 km dapat membakar 590 hingga 710 kalori!

2. Bersepeda

Tren bersepeda kian meningkat, dengan dibuktikan populasi penggunanya yang mudah ditemukan di jalanan. Khususnya di hari libur atau akhir pekan. Olahraga ini memang dikenal baik untuk menjaga kekuatan kaki dan cocok bagi para orang tua.

Selain itu, bersepeda juga dapat membantumu dalam menurunkan berat badan. Penggunaannya selama satu jam dengan kecepatan sekitar 10 mph, akan membakar kurang lebih 320 kalori. Lakukan di waktu pagi akan baik, karena udara masih terasa segar.

3. Berenang

Berenang disebut sebagai olahraga yang paling menyenangkan karena air segar mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang. Manfaatnya yang paling dikenal adalah membantu menjaga sistem pernapasan, terutama paru-paru.

Tak hanya itu, berenang juga nyatanya efektif dalam menurunkan berat badan. Saat melakukannya selama 60 menit, akan mampu membakar 500-700 kalori. Semakin berat tekanan tubuh, maka kalori yang dibakar dapat lebih banyak. Cobain, deh!

4. Lompat Tali

Lompat tali juga dikenal dengan nama skipping dan merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Tali yang digunakan biasanya khusus dengan pegangan di masing-masing sisi untuk tiap tangan.

Menurut tabel dari Harvard, melakukan lompat tali selama 30 menit dapat membakar kalori hingga angka 420. Selain itu, olahraga tersebut mampu memperkuat tubuh bagian atas dan bawah, seperti lutut, pinggul, serta pergelangan kaki.

Lompat tali juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, bagi kamu penderita nyeri otot, tulang, dan sendi, tidak disarankan untuk melakukan olahraga ini karena dapat memperparah gangguan tersebut.

5. Yoga

Yoga juga menjadi olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Berbagai contoh gerakannya bisa kamu lihat melalui video yang tersebar di internet. Namun, jika masih pemula, disarankan untuk menyewa pelatih agar memperoleh hasil yang maksimal.

Olahraga ini bermanfaat baik untuk kesehatan fisik. Mulai dari memperkuat otot, memperlancar sistem pernapasan, serta meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh. Ditambah, yoga juga mampu menenangkan pikiran sehingga mental bisa lebih fokus.

Selain itu, melakukan yoga dapat membakar kalori lebih banyak daripada berjalan kaki. Dalam satu jam, jalan mampu mengurangi sekitar 266 kalori, sedangkan yoga bisa mencapai 288 kalori. Pernyataan ini berasal dari sebuah penelitian di Amerika Serikat.

Nah, dari kelima olahraga pembakar kalori terbesar di atas, adakah salah satunya yang rutin kamu lakukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak