alexametrics

Kerap Disalahartikan Sakit Maag, Ini 5 Ciri Penyakit GERD yang Perlu Diketahui

Xandra Junia Indriasti
Kerap Disalahartikan Sakit Maag, Ini 5 Ciri Penyakit GERD yang Perlu Diketahui
Ilustrasi Nyeri Ulu Hati karena GERD

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah keadaan di mana cairan asam lambung naik menuju kerongkongan. Hal ini tentu membuat tidak nyaman semua penderitanya karena dapat menghambat pekerjaan dan aktivitas lainnya.

Sebab gejalanya mirip dengan sakit maag, maka banyak orang yang menderita GERD beranggapan bahwa mereka sakit maag. Padahal, penyebab keduanya berbeda, lho.

Nah, agar kamu tidak keliru lagi, kamu perlu tahu ciri-ciri dari penyakit GERD. Disadur dari hellosehat dan klikdokter, berikut 5 ciri-ciri penyakit GERD yang kerap disalahartikan sebagai sakit Maag.

1. Nyeri Ulu Hati

Ciri utama GERD yang juga paling dikenal adalah nyeri ulu hati atau heartburn dalam bahasa Inggris. Di bagian tengah dada dan tepat di atas perut akan terasa terbakar. Jika sudah kronis, akan membuat penderitanya mengerang hingga mengganggu berbagai aktivitas.

Gejala ini biasanya merambat dari dada, perut, sampai leher. Bila sudah semakin parah, akan timbul usai makan dan lebih buruk di malam hari. Jadi, banyak orang yang mengatakan sulit untuk tidur saat sedang mengalami gejala-gelajanya.

2. Mulut Asam dan Pahit

Apakah mulutmu pernah merasa asam atau pahit? Gejala ini biasanya terjadi di pagi hari, tepatnya saat bangun tidur, sehingga tidak jarang yang mencari asupan manis pada waktu tersebut.

Munculnya rasa asam dan pahit ini merupakan salah satu gejala GERD yang paling mudah dikenali. Seringkali timbul di area mulut belakang dan terjadi akibat makanan yang seharusnya sudah ada pada saluran pencernaan. 

Namun, justru naik menuju kerongkongan atau esofagus. Setelah itu, makanan tersebut pergi ke bagian belakang tenggorokan. Hal inilah yang nantinya memicu mulut terasa asam atau pahit.

3. Mual

GERD juga akan menimbulkan mual yang seringkali terjadi di pagi hari atau saat bangun tidur. Rasa ini muncul mulai dari tenggorokan hingga perut dan kebanyakan tidak mengeluarkan muntah.

Jika mengalami hal tersebut, cobalah untuk mengonsumsi air putih hangat. Jangan menambahkan teh atau bahkan kopi ke dalamnya, karena dapat memperburuk rasa mual.

4. Gejala Memburuk saat Tiduran

Tidak sedikit penderita GERD mengeluhkan gejala yang semakin memburuk saat tubuhnya dalam posisi berbaring atau tiduran. Ulu hati akan terasa lebih nyeri, hingga disertai batuk yang menimbulkan napas lirih.

Begitu pun rasa mual yang semakin parah jika tubuh diposisikan berbaring. Oleh karena itu, kamu yang tengah mengalami GERD sangat tidak dianjurkan untuk tidur setelah makan. Pasalnya, situasi ini juga dapat membuatmu menjadi cepat lelah.

5. Adanya Masalah Gigi

Terakhir, GERD juga ditandai dengan kerusakan gigi serta berbagai jaringan di sekitarnya. Saat asam lambung naik menuju kerongkongan, cairan tersebut akan memasuki mulut. 

Tanpa kamu sadari, hal itulah yang membuat permukaan gigi serta enamel, lapisan keras pelindung gigi dapat terkikis. Semakin sering dan jumlahnya yang berlebih justru akan memperparah masalah tersebut.

Itulah kelima ciri penyakit GERD yang perlu diketahui. Apakah kamu pernah atau tengah mengalaminya? Jika iya, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak