facebook

Populer sebagai Bahan Produk Perawatan, Ini 5 Manfaat Calendula bagi Kulit

Xandra Junia Indriasti
Populer sebagai Bahan Produk Perawatan, Ini 5 Manfaat Calendula bagi Kulit
Ilustrasi salah satu bahan perawatan kulit Calendula (pixabay)

Calendula merupakan salah satu nama bunga yang berasal dari Eropa Selatan. Warnanya beragam, tapi yang paling identik dengannya adalah oranye. Bentuknya sekilas menyerupai bunga matahari.

Akhir-akhir ini, calendula dikenal sebagai bahan dasar beragam produk perawatan. Keberadaannya pun terus dicari, karena disebut ampuh mengatasi berbagai masalah kulit.

Apakah pernyataan tersebut benar adanya? Dikutip dari alodokter, halodoc, dan hellosehat, berikut 5 manfaat calendula yang perlu kamu ketahui.

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sinar matahari diketahui memicu dampak buruk bagi kulit, mulai dari mengubah warna asli, menimbulkan bintik hitam, serta berbagai gejala penuaan dini lainnya. 

Masalah ini tentu sangat berpengaruh pada penampilan, sehingga banyak orang yang merasa tidak percaya diri. Pencegahannya bisa dilakukan dengan rutin menggunakan tabir surya usai mandi di pagi atau siang hari.

Calendula disebut sebagai bunga yang cocok dijadikan bahan tabir surya karena mengandung sifat SPF. Kandungan ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Selain itu, mampu menjaga pigmentasi alami-nya.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang merupakan satu masalah kulit yang paling sering muncul. Biasanya disebabkan oleh hormon, stres, kebiasaan hidup tidak sehat, atau jarang melakukan perawatan.

Beragam cara mengobati jerawat dapat dengan mudah kamu temukan. Bisa menggunakan kulit jeruk atau lidah buaya. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba produk perawatan yang berbahan dasar calendula.

Bunga calendula disebut memiliki berbagai kandungan yang baik dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Gunakan secara rutin agar memperoleh hasil maksimal, yakni kulit terbebas dari jerawat.

3. Mencegah Penuaan Dini

Berbagai tanda penuaan seringkali muncul di usia yang bahkan masih sangat muda. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari pola hidup tidak sehat, termasuk sering begadang, hingga akibat paparan sinar UV yang sudah dijelaskan sebelumnya di awal.

Tanda penuaan dini ini meliputi kerutan, kendur, adanya garis halus, bintik hitam, pori-pori wajah membesar, serta kulit yang terasa lebih kusam. Salah satu alternatif untuk mencegah terjadinya masalah ini adalah dengan ekstrak calendula.

Beberapa penelitian mengklaim bahwa bunga satu ini mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekencangan kulit, kekenyalan, dan kelembapannya. Dengan begitu, kulitmu akan terlihat semakin awet muda.

4. Mengobati Luka

Calendula juga memiliki sifat antiseptik dan antimikroba, sehingga ampuh untuk mengobati luka yang ringan bahkan terbuka. Ekstrak bunga ini akan bekerja dengan mempercepat proses pemulihan jaringan kulit.

Menurut penelitian, salep yang mengandung lidah buaya dan calendula bisa dengan cepat menyembuhkan luka episiotomi (sayatan). Begitupun dengan bekasnya yang juga bisa segera hilang tanpa membutuhkan waktu lama.

5. Memperbaiki Kondisi Kulit

Pernahkah kamu mendengar apa itu stres oksidatif? Istilah ini merupakan kondisi di mana tubuh rentan mengalami kerusakan akibat tingkat radikal bebas yang tinggi. 

Tak hanya itu, molekul berbahaya ini juga dapat memperburuk kulit, seperti membuatnya terasa kasar. Satu contoh radikal bebas adalah polusi, yang mana sering kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Calendula dipercaya mampu mengatasi masalah tersebut. Dengan kandungan senyawa bioaktif-nya, bunga oranye ini bekerja memperbaiki kondisi kulit, sehingga menjadi lebih sehat dan kembali terlihat cantik.

Itulah kelima manfaat yang bisa diperoleh dari calendula. Apakah kamu berminat untuk mencoba produk yang mengandung bunga tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak