alexametrics

Sering Disebut Mirip Raspberry, Ini 6 Manfaat Buah Leci bagi Kesehatan

Xandra Junia Indriasti
Sering Disebut Mirip Raspberry, Ini 6 Manfaat Buah Leci bagi Kesehatan
Buah Leci (pixabay)

Leci merupakan salah satu buah yang populer untuk dijadikan manisan. Banyak tumbuh di daerah tropis, leci memiliki rasa yang cenderung manis dan menyegarkan. 

Bentuk dan warnanya sangat mirip raspberry. Namun, dalam pengonsumsiannya, kulit leci perlu dikupas terlebih dahulu. Berbeda dengan raspberry yang bisa langsung disantap.

Leci juga memiliki beragam kandungan yang dapat memberimu manfaat penting. Nah, di bawah ini ada 6 manfaat leci bagi kesehatan yang dirangkum dari hellosehat dan alodokter.

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Beragam buah nyatanya tinggi akan serat, begitu pun dengan leci. Kandungan ini berperan penting dalam memelihara kesehatan saluran pencernaan agar tetap lancar.

Serat tersebut masuk ke dalam usus dan bekerja menyerap air yang terdapat di sana. Selain itu, bagian yang tidak tercerna akan menambah massa untuk membantu usus mengeluarkan feses. 

Oleh karena itu, kotoran menjadi lebih mudah untuk dibuang dan menghindarimu dari sembelit (susah buang air besar). Proses ini juga didukung oleh kandungan lain pada leci, yakni vitamin C.

2. Cocok untuk Diet

Tak hanya baik untuk sembelit, serat pada leci juga bermanfaat dalam menghambat proses penyerapan glukosa pada usus. Kondisi seperti ini, tidak menjadikan kadar gula darah meningkat secara drastis.

Maka dari itu, buah merah ini tergolong ke dalam asupan yang disarankan untuk penderita diabetes dan para pelaku diet. Proses mencerna serat leci nyatanya agak lambat, sehingga membuatmu kenyang lebih lama.

Dengan kata lain, saat leci dijadikan asupan harian diet, keinginan untuk makan banyak bisa berkurang. Kamu dapat menyantap buah ini dengan oatmeal di waktu sarapan atau sebagai camilan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti halnya kebanyakan buah, leci juga mengandung vitamin C dan beragam jenis vitamin B. Mulai dari niacin, tiamin, hingga riboflavin. Kemudian, dilengkapi oleh kalium, tembaga, serta asam folat.

Sudah diketahui bahwa vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Dengan begitu, daya tahan tubuh bisa menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkena penyakit. Khususnya yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Selain itu, kandungan lain pada leci yang disebutkan di atas mampu memelihara fungsi saraf, kesehatan jantung, dan otak. Ditambah berguna dalam meningkatkan proses metabolisme tubuh.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Berbahaya

Melalui kulit dan daging buahnya, leci memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Di antaranya adalah epicatechin, oligonol, serta rutin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut penelitian, tiga jenis antioksidan pada leci tersebut mampu berperan dalam mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya. Mulai dari jantung, hati, hingga kanker dan diabetes. 

5. Menyehatkan Jantung

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Biasanya, ditimbulkan oleh terlalu banyak mengonsumsi natrium dari makanan-makanan asin.

Guna melakukan pencegahan agar jantung tetap sehat, kamu bisa mengonsumsi leci sebagai salah satu alternatif. Kalium pada buah ini disebut mampu menurunkan kadar natrium dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko penyakit tersebut.

6. Menambah Massa Tulang

Terakhir, kalium yang terdapat pada leci juga disebut mampu memelihara kesehatan otot dan saraf. Kandungan ini pun bermanfaat menambah massa tulang, sehingga lebih kuat dan terhindar dari pengeroposan (osteoporosis).

Itulah keenam manfaat buah leci bagi kesehatan. Apakah kamu berencana akan menjadikannya asupan harian?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak