alexametrics

5 Manfaat Niacinamide, Kandungan Perawatan yang Ampuh Mengatasi Masalah Kulit

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Niacinamide, Kandungan Perawatan yang Ampuh Mengatasi Masalah Kulit
Ilustrasi Produk Perawatan Kulit (pixabay)

Kalau kamu pecinta produk perawatan kulit pasti tidak asing dengan niacinamide. Kandungan ini memang tengah ramai diperbincangkan dan diganderungi banyak orang karena dianggap baik untuk kesehatan kulit.

Niacinamide merupakan senyawa turunan vitamin B3 atau niacin. Kandungan tersebut nyatanya memang memiliki beragam manfaat bagi kulit. Berikut ini, hellosehat dan alodokter merangkum 5 di antara manfaar Niacinamide bagi kulit.

1. Mengatasi Jerawat dan Noda Bekasnya

Jerawat tergolong peradangan kulit yang timbul karena beragam sebab, mulai dari hormon atau pola hidup yang kurang sehat. Keberadaannya dianggap mengganggu penampilan, hingga membuat seseorang tidak percaya diri.

Berdasarkan studi, krim wajah yang mengandung niacinamide dapat mengatasi jerawat, termasuk yang parah seperti papula dan pustula. Senyawa ini juga mampu menyamarkan noda bekas jerawat dengan penggunaan sekitar 4 minggu, karena memperlambat produksi melanin.

Kemudian, niacinamide bisa memperbaiki wajah yang bruntusan. Begitu pun dengan masalah kulit lain seperti eksim dan bintik kemerahan. Manfaat ini semakin sempurna jika penggunaannya dikombinasikan dengan retinol.

2. Melembapkan Kulit

Kulit kering nyatanya rentan menimbulkan luka. Oleh karena itu, kamu dengan kondisi seperti ini wajib menggunakan produk pelembap secara rutin. Salah satunya dengan yang mengandung niacinamide.

Pasalnya, kandungan ini membantu produksi keratin, yakni sebuah protein yang memelihara kulit agar tetap sehat. Tak hanya itu, niacinamide juga dapat memicu perkembangan lapisan ceramide yang berperan sebagai pelindung kelembapan jaringan kulit.

3. Melindungi dari Radikal Bebas dan Sinar UV

Manfaat dari niacinamide lainnya adalah melindungi dari radikal bebas dan sinar ultraviolet, yang menjadi penyebab kerusakan kulit. Jika tidak segera diatasi, dapat memperburuk kondisinya, bahkan hingga DNA. Niacinamide bisa kamu jadikan alternatif karena bersifat antioksidan.

Kandungan tersebut diketahui mampu melindungi kulit, sehingga kelembapan dan kesehatannya tetap terjaga. Niacinamide juga bekerja dengan merawat jerawat serta noda bekasnya agar tidak semakin parah saat terkena sinar matahari.

4. Minimalisir Minyak dan Pori-Pori

Permasalahan kulit yang juga sering dikeluhkan banyak orang adalah produksi minyak berlebih dan pori-pori besar. Kemudian, mereka mengatakan bahwa kondisi seperti ini memicu rasa tidak percaya diri.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena produk perawatan dengan kandungan niacinamide mampu mengatasinya. Senyawa ini akan mengecilkan pori-pori dengan meminimalisir minyak berlebih yang disebabkan oleh kelenjar sebaceous.

5. Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Penuaan dini juga merupakan masalah yang sulit diterima banyak orang, khususnya wanita. Beberapa tandanya adalah muncul garis halus dan keriput, kulit wajah menjadi kendur serta kusam.

Niacinamide mampu memicu pembentukan kolagen, sebuah zat yang dapat mempertahankan kekenyalan kulit. Dengan rutin menggunakan produk yang memiliki kandungan ini, kamu akan terlihat awet muda karena berkurangnya tanda penuaan dini.

Itulah kelima manfaat niacinamide yang ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit. Lalu, apakah kamu berencana akan menggunakan produk perawatan dengan kandungan tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak