facebook

6 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Berguna Redakan Nyeri Haid

Anang wan
6 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Berguna Redakan Nyeri Haid
ilustrasi jahe (Pixabay/jmexclusives)

Jahe sebagai tanaman herbal biasanya digunakan sebagai bumbu dapur, namun juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, misalnya diolah ke dalam bentuk obat-obatan tradisional seperti jamu.

Jahe sendiri termasuk ke anggota Zingiberaceae. Yang berarti tanaman ini masih satu keluarga dengan tanaman herbal lain seperti kunyit, kencur, lengkuas, dan kapulaga. 

Jahe sendiri dapat diolah menjadi bubuk, dikeringkan, atau bisa juga digunakan langsung/dalam keadaan segar. Selain itu, Jahe juga bisa dicampurkan ke olahan kosmetik.

Penasaran manfaat jahe apa saja? berikut ini adalah beberapa manfaat jahe yang telah dirangkum dari laman Halodoc, Jum'at (24/12/2021).

1. Meredakan nyeri haid

Mengkonsumsi jahe secara rutin bermanfaat mengurangi rasa nyeri yang terjadi saat menstruasi. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi jahe bisa meredakan rasa nyeri saat mens pada wanita. Khasiat yang didapat ini bisa dikatakan tidak berbeda jauh dari obat ibuprofen dan asam mefenamat.

2. Memperkuat sistem imun

Jahe mengandung banyak vitamin C dan magnesium. Kandungan inilah yang membantu tubuh memperkuat sistem imun. Tak hanya itu, di dalam jahe juga terdapat gingerols, shogaols, dan zingerones yang berguna sebagai antioksidan untuk tubuh.

3. Menangkal infeksi bakteri dan virus

Jahe ternyata juga bermanfaat dalam menangkal infeksi bakteri dan virus tertentu. Manfaat ini disebabkan karena adanya kandungan gingerol pada jahe, dan dipercaya dapat menangkal infeksi bakteri seperti, shigella, E.coli, dan lain-lain. Selain itu, minum jahe dengan rutin bisa membantu mengatasi pilek dan flu.

4. Meredakan sakit otot

Minum jahe secara rutin juga berguna membantu meredakan sakit otot. Menurut studi University of Georgia, Amerika Serikat, tanaman herbal ini memiliki efek anti-radang yang berguna mengurangi sakit otot. Tetapi, juga banyak sumber mengatakan bahwa meredakan sakit otot merupakan manfaat dari jahe merah.

5. Meredakan morning sickness

Manfaat jahe juga berguna meredakan morning sickness. Morning sickness adalah kondisi mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil pada trimester awal (3 bulan pertama kehamilan). Lebih dari 2.000 tahun lalu, ekstrak akar jahe sudah dimanfaatkan untuk mengatasi gejala gangguan pada pencernaan, seperti mual, muntah, sembelit, perut kembung, dan bersendawa.

6. Mengatasi masalah pencernaan

Ekstrak minyak jahe dipercaya mampu mengatasi masalah seperti sakit perut karena kandungan antibekteri yang dikandungnya. Gangguan pencernaan biasanya disebabkan karena adanya bakteri jahat yang masuk, sehingga mengkonsumsi jahe cocok sebagai antitesis.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat jahe untuk kesehatan, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk terus selalu menjaga kesehatan anda. Terima kasih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak