facebook

5 Manfaat Masker Madu untuk Perawatan Kulit Wajah, Bisa Mengatasi Jerawat

Anang wan
5 Manfaat Masker Madu untuk Perawatan Kulit Wajah, Bisa Mengatasi Jerawat
Ilustrasi madu. (Pixabay)

Banyak sekali masker madu yang bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah. Selain melembabkan kulit dan mencerahkan kulit wajah, masker madu diketahui memiliki beragam nutrisi yang efektif untuk mengatasi jerawat. Madu memiliki kandungan nutrisi yang beragam seperti vitamin C, vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya.

Selain banyak kandungan yang bermanfaat merawat kesehatan kulit wajah, pembuatan masker madu juga terbilang cukup mudah. Kamu bisa langsung mengoleskan madu pada wajah sebagai masker, atau mencampurnya dengan buah lainnya, seperti lemon. Namun, pastikan semua campuran atau madu yang kamu gunakan sebagai masker alami dan aman di wajah, ya!

Nah, berikut ini, aladokter merangkum 5 manfaat masker madu untuk perawatan kulit wajah yang wajib kamu ketahui.

1. Mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas

Manfaat masker madu untuk perawatan kulit wajah yang pertama, yakni dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Madu dikenal memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat mencegah kerusakan pada kulit akibat paparan radikal bebas.

2. Mencegah penuaan dini

Selain dapat mencegah radikal bebas, masker madu ternyata dapat digunakan sebagai bahan alami eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel kulit mati serta merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat. Hal inllah yang membuat madu bermanfaat untuk mencegah tanda tanda penuaan dini, seperti keriput atau garis halus.

3. Mencerahkan dan memutihkan kulit wajah

Masker madu juga dikenal dapat mencerahkan serta memutihkan kulit wajah. Manfaat ini didapat dari vitamin E yang terkandung di dalamnya dan jika dikombinasikan dengan lemon, manfaat ini mungkin akan menjadi lebih efektif.

4. Mengatasi jerawat

Madu mengandung senyawa aktif yang bersifat antibakteri dan antiradang. Oleh karena itu, kandungan tersebut membuat masker madu bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah, seperti jerawat.

5. Mengurangi risiko kanker kulit

Selain empat manfaar di atas, sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa madu bersifat antikanker. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada madu juga dapat menghambat pertumbuhan sel penyebab kanker kulit.

Demikianlah lima manfaat masker madu untuk perawatan kulit wajah. Dari banyaknya manfaat yang terdapat pada madu, maka tidak heran jika madu juga banyak dipakai untuk berbagai produk perawatan kulit. Apakah kamu juga gemar menggunakan madu sebagai masker wajah atau perawatan kulit lainnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak