facebook

Terbukti, 4 Anjuran Nabi Muhammad SAW Ini Baik untuk Kesehatan

Diat Anugrah
Terbukti, 4 Anjuran Nabi Muhammad SAW Ini Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi membaca Alquran (pixabay)

Nabi Muhammad SAW merupakan suri tauladan bagi seluruh umat Islam di muka bumi ini. Setiap tindakan hingga ucapan yang beliau keluarkan menjadi contoh yang hendaknya ditiru oleh pengikutnya. Dalam ajaran Islam, setiap tindakan dan anjuran nabi disebut sebagai sunnah nabi.     

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman dalam banyak ayat yang memerintahkan untuk mengikuti sunnah nabi. Salah satunya adalah QS Ali Imran : 31 yang artinya : “Jika kamu benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”      

Banyak dari kita mengganggap mengikuti sunnah nabi hanya sebagai perintah agama belaka. Padahal, berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan pada masa modern ini, beberapa sunnah nabi memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan dan akan berdampak buruk jika tidak dilakukan.      

Berikut ini beberapa Anjuran Nabi Muhammad SAW yang terbukti memiliki khasiat untuk kesehatan.      

1. Menjaga Kebersihan

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda "Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR Tirmidzi).

Selain merupakan perintah nabi, menjaga kebersihan juga wajib hukumnya jika kita ingin menjaga kesehatan. Mulai dari kebersihan diri hingga kebersihan lingkungan. Badan yang kotor dan tidak dibersihkan mengundang berbagai kuman, virus, maupun bakteri untuk datang dan menyebabkan penyakit.

Begitu pula lingkungan yang tidak bersih. Akan menimbulkan bahaya kesehatan bukan hanya bagi diri kita seorang saja namun juga bagi orang lain.

2. Makan dan Minum Sambil Duduk

Waktu kecil, kita kerap diajari untuk makan dan minum sambil duduk. Namun bagi banyak orang, ajaran tersebut lenyap begitu saja. Dengan alasan kepraktisan, kita sering minum sambil berdiri bahkan berjalan, tidak dengan duduk terlebih dahulu. Memang merupakan hal yang sepele sehingga kita tidak terlalu memedulikannya.

Namun ternyata, makan dan minum sambil duduk memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sebaliknya, makan dan minum sambil berdiri memiliki bahaya bagi kesehatan tubuh.           

Menyadur dari halodoc, minum sambil berdiri menyebabkan air mengalir dalam tubuh dengan tekanan dan lebih cepat tanpa disaring. Hal ini menyebabkan kotoran terbawa bersama air minum dan menumpuk di empedu yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal.

3. Tidur Miring ke Kanan dan Tidak Tengkurap

Sudah menjadi pengetahuan umun bahwa tidur adalah kebutuhan penting bagi tubuh. Tubuh manusia memerlukan tidur untuk beristirahat dan menjaga metabolismenya agar tetap baik. Namun, banyak yang tidak paham bagaimana cara tidur yang baik agar manfaat yang dihasilkan menjadi maksimal.               

Rasulullah SAW telah memberikan contohnya agar kita ikuti. Beliau melarang tidur dengan cara tengkurap. Sebuah hadits berbunyi yang artinya Dari Ya’isy bin Thokhfah Al Ghifariy, dari bapaknya, beliau berkata, “Ketika itu aku sedang berbaring tengkurap di masjid karena begadang dan itu terjadi di waktu sahur. Lalu tiba-tiba ada seseorang menggerak-gerakkanku dengan kakinya. Ia pun berkata, ‘Sesungguhnya ini adalah cara berbaring yang dibenci oleh Allah.’ Kemudian aku pandang orang tersebut, ternyata ia adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Abu Daud no. 5040 dan Ibnu Majah no. 3723. Imam Nawawi dalam Riyadhus Sholihin mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).               

Lalu bagaimana cara tidur yang baik? Rasulullah SAW  bersabda “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR Bukhari dan Muslim).               

Menurut penelitian, dengan miring ke kanan saat tidur, maka kita sedang melindungi jantung agar tidak tertindih oleh organ tubuh lainnya. Hal ini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sedangkan tidur tengkurap berbahaya karena tulang belakang tidak lagi menyangga tubuh dan pernapasan menjadi terganggu.     

4. Mengatur Waktu dan Porsi Makanan

Dalam Islam, kita dianjurkan untuk tidak berlebih-lebihan dalam segala hal, termasuk makan. Dalam hal ini, Rasulullah SAW pernah bersabda “Tidaklah sekali-sekali manusia memenuhi sebuah wadah pun yang lebih berbahaya dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan tubuhnya. Jika ia harus mengisinya, maka sepertiga (bagian lambung) untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya (udara)” (Hadits Riwayat Tirmidzi, berpredikat shahih).    

Dalam dunia kesehatan modern, seorang ahli biologi molekuler bernama Kalluri Suba Rao dalam penelitiannya menemukan bahwa makan sedikit memungkinkan tubuh untuk lebih “berkonsentrasi” memperbaiki dirinya sendiri, sehingga kegiatan perbaikan DNA, membuang zat-zat toksin keluar tubuh, dan regenerasi sel-sel rusak dengan sel sehat dapat berlangsung lebih optimal.

Sedangkan apabila kita makan banyak melebihi batasan, maka tubuh akan lebih sibuk dengan kegiatan katabolisme (menguraikan makanan-makanan itu dalam tubuh) dan “tidak sempat” memperbaiki dirinya sendiri.

Inilah salah satu pengundang berbagai penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, dll yang dapat memperpendek umur manusia zaman sekarang.

Itulah beberapa anjuran Nabi Muhammad SAW yang terbukti baik untuk kesehatan. Bisa kamu terapkan ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak