facebook

6 Manfaat Asparagus bagi Kesehatan, Salah Satunya Membantu Proses Diet

Xandra Junia Indriasti
6 Manfaat Asparagus bagi Kesehatan, Salah Satunya Membantu Proses Diet
Asparagus (pixabay)

Asparagus merupakan sayuran yang tampak dan terdengar asing, karena sulit ditemukan pada pasar tradisional. Biasanya tanaman hijau berbentuk menyerupai bambu ini banyak dijual melalui swalayan.

Meski begitu, asparagus nyatanya memiliki beragam nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, di bawah ini ada 6 manfaat asparagus sebagaimana dirangkum dari hellosehat dan alodokter.

1. Membantu Proses Diet

Asparagus bisa kamu jadikan menu diet harian karena memiliki kalori yang rendah. Selain itu, ada serat yang juga berpengaruh dalam proses penurunan berat badan. Pasalnya, kandungan tersebut akan membuatmu merasa kenyang lebih cepat dan bertahan lama.

Dengan begitu, mengonsumsi asparagus dapat mengurangi keinginan untuk makan banyak atau camilan yang kurang sehat. Berat badan pun bisa lebih cepat turun dan  tampak ideal sesuai impian.

2. Melindungi Sistem Pencernaan

Guna menjaga kesehatan sistem pencernaan, kamu perlu memenuhi asupan serat harian. Salah satunya dengan asparagus yang memiliki jenis larut dan tidak larut, di mana akan menjauhimu dari berbagai masalah.

Serat tidak larut pada asparagus ini berperan untuk memperlancar pergerakan usus. Dengan begitu, bisa digunakan sebagai pencegahan sembelit (susah buang air besar) dan gangguan pencernaan lainnya.

Lalu, serat larutnya dapat menjadi makanan bagi bakteri baik pada usus, seperti Lactobacillus. Itulah mengapa menambahkan asparagus sebagai menu harian adalah langkah sempurna untuk melindungi sistem pencernaan.

3. Memelihara Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Asparagus juga dapat memelihara kesehatan ibu hamil dan janin pada trimester awal kehamilan. Manfaat ini didasarkan oleh kandungan asam folat atau vitamin B9 yang terdapat pada tanaman tersebut.

Asupan asam folat yang cukup dapat membantu memaksimalkan pembentukan sel darah merah dan DNA bayi. Kandungan ini juga bekerja melindungi anak dari cacat tabung saraf yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit kompilkasi.

4. Mengatasi Risiko Stres Oksidatif

Stres oksidatif identik dengan tanda penuaan, kanker, serta peradangan sel kronis. Asparagus merupakan jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Mulai dari vitamin C, E, glutathione, polifenol, hingga flavonoid.

Beragam senyawa bersifat antioksidan tersebut nyatanya akan membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas serta stres oksidatif. Guna memperoleh hasil yang optimal, kamu bisa menyantap asparagus bersama sayur dan buah lainnya.

5. Mengendalikan Gula Darah

Asparagus menjadi salah satu asupan dengan indeks glikemik rendah, yang berarti tidak membuat gula darah naik secara signifikan. Selain itu, ada kombinasi kandungan karbohidrat kompleks, serat, dan antioksidan.

Ketiganya diketahui mampu mencegah peningkatan gula darah, serta menjaganya agar tetap stabil. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

6. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah tinggi dan menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung atau stroke. Cara mengatasinya sendiri dengan mengonsumsi makanan berkalium, dilengkapi dengan mengurangi asupan garam.

Nah, asparagus merupakan salah satu sumber kalium yang juga berperan menurunkan hipertensi secara berangsur. Kandungan ini bekerja dengan mengoptimalkan pembuluh darah serta melepaskan kelebihan garam melalui urin.

Itulah enam manfaat asparagus yang ternyata baik bagi kesehatan. Usai membaca poin-poin di atas, apakah kamu berminat mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak