facebook

5 Penyebab dan Gejala Kekurangan Vitamin D pada Tubuh, Jangan Lupa Berjemur!

Rizki
5 Penyebab dan Gejala Kekurangan Vitamin D pada Tubuh, Jangan Lupa Berjemur!
Ilustrasi seorang anak berjemur. (unsplash.com)

Vitamin D adalah salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh seseorang, terutama untuk ketahanan atau kesehatan tulang. Untuk mendapatkan vitamin D tidak bisa dihasilkan oleh tubuh, vitamin D diperoleh paling besar berasal dari sinar matahari.

Selain itu, untuk memperoleh vitamin D bisa berasal dari makanan seperti keju, yoghurt, udang, telur, sarden, dan susu. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh. Perlu mengetahui gejala kekurangan vitamin D agar bisa langsung dilakukan antisipasi dan pencegahannya. Berikut ini 5 gejala kekurangan vitamin D yang bisa membuat terganggunya kesehatan tubuh.

1. Tulang Menjadi Rapuh

Untuk meningkatkan vitamin D pada tubuh tidaklah cukup hanya melalui makanan, perlunya suplemen dan berjemur di bawah sinar matahari agar tetap terjaga vitamin D pada tubuh.

Vitamin D sangat membantu untuk pembentukan tulang agar menjaga jumlah kalsium dan fosfor sehingga terjadinya kepadatan tulang. Maka dari itu perlunya vitamin agar tidak penurunan jumlah mineral yang membuat tulang akan rapuh, mudah patah hingga osteoporosis.

2. Mudah Lelah

Asupan zat besi mampu meningkatkan kemampuan otot yang kuat. Namun, apabila tubuh mudah terasa letih padahal memiliki waktu tidur dan makan yang cukup, hal tersebut disebabkan kurangnya vitamin D sehingga kondisi tubuh tidak bertenaga.

3. Kondisi Keringat Tubuh yang Berlebih

Meningkatnya produksi keringat yang berlebih pada tubuh, ketika mengerjakan aktivitas yang ringan itu merupakan gejala kekurangan vitamin D. karena itu perlunya asupan makanan mengandung vitamin D, suplemen dan berjemur di bawah sinar matahari.

Apabila kondisi kening yang berkeringat, namun kondisi tubuh anda dalam keadaan normal itu merupakan tanda kekurangan vitamin D bagi orang dewasa.

4. Nyeri Tulang

Osteoporosis merupakan kondisi kepadatan tulang mengalami penurunan. Untuk osteoporosis kondisi ringan, tidak menimbulkan gejala. Sedangkan kondisi berat, akan menyebabkan nyeri pada tulang. Maka dari itu, perlunya meningkatan vitamin D pada tubuh.

5. Depresi

Vitamin D bekerja pada bagian otak untuk memproduksi hormone serotin, yang berfungsi untuk meningkatkan suasana hati seperti bahagia dan semangat. Apabila kondisi diri seseorang sedang depresi, mungkin disebabkan kurangnya vitamin D. Namun, perlu diingat depresi tidak hanya disebabkan oleh kekurangan vitamin D saja, ada faktor lain seperti kondisi psikologi seseorang.

Itulah lima penyebab dan gejala kekurangan vitamin D pada tubuh. Pentingnya memenuhi vitamin D pada tubuh merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan metabolisme kalsium. Perlunya memperhatikan asupan vitamin D pada tubuh dan selalu meluangkan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada tubuh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak