facebook

Tak hanya Anak-Anak, Ini 6 Manfaat Mewarnai bagi Orang Dewasa

Xandra Junia Indriasti
Tak hanya Anak-Anak, Ini 6 Manfaat Mewarnai bagi Orang Dewasa
Ilustrasi orang dewasa mewarnai gambar.[Freepik]

Mewarnai seringkali disebut sebagai kegiatan yang hanya boleh dikerjakan oleh anak-anak. Padahal, orang dewasa juga bisa melakukannya karena memiliki 6 manfaat penting di bawah ini. 

1. Mengurangi tingkat gangguan kesehatan mental

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa mewarnai dapat memberikan efek theurapik. Gunanya untuk menenangkan pikiran serta mengurangi tingkat kecemasan akibat gangguan kesehatan mental.

Efek ini terbilang hampir serupa dengan meditasi. Pasalnya, aktivitas tersebut dapat membuatmu mengesampingkan hal lain dan hanya berfokus pada mewarnai. Jadi, seseorang yang memiliki kecemasan berlebih bisa perlahan berkurang.

Dengan kata lain, mewarnai akan memberikan efek positif bagi para penderita anxiety, stres, depresi, gangguan susah makan, mudah emosi, bahkan mereka yang sedang ketergantungan oleh obat-obatan terlarang.

2. Melindungi mata

Saat ini, orang yang tidak menggunakan ponsel bisa dibilang sangat sedikit. Kemajuan teknologi tersebut nyatanya berdampak buruk bagi kesehatan mata, terlebih jika pemakaiannya sudah diatas batas normal.

Kerusakan mata bisa disebabkan dari cahaya biru yang dikeluarkan gadget. Untuk mencegahnya, kamu perlu menyisipkan kegiatan non elektronik, seperti mewarnai menggunakan buku gambar serta perlengkapan lainnya.

Berkat mewarnai, kamu bisa melindungi mata dari berbagai kerusakan, serta menjaganya agar tetap sehat. Dengan begitu, kemampuannya sebagai indera penglihatan tetap berfungsi secara maksimal.

3. Mampu merelaksasi diri

Seseorang yang dewasa seringkali mengalami stres, dimana disebabkan oleh berbagai masalah hidup. Bisa dari pekerjaan, keluarga, hubungan asmara, atau lingkungan pertemanan. 

Kondisi seperti ini tidak jarang membuatnya merasa kaku. Nah, kegiatan mewarnai disebut mampu mengatasinya dengan membuat dirimu menjadi lebih tenang.

4. Mengalihkan fokus dari pikiran negatif

Menurut sebuah studi di Australia, mewarnai dapat membuat seseorang menjadi fokus dengan aktivitas tersebut. Diantaranya mengenai bentuk dan ukuran gambar, serta pemilihan warna yang tepat.

Maknanya, seseorang bisa mengalihkan fokusnya dari pikiran negatif menjadi lebih positif. Dengan begitu, kamu bisa sejenak melupakan sesuatu yang dapat membuatmu overthinking atau bahkan memperburuk suasana hati.

5. Mengasah kemampuan otak

Ketika melakukan aktivitas mewarnai, otak frontal bisa menjadi lebih aktif. Bagian ini berperan penting dalam membantu seseorang untuk mengingat, menyelesaikan masalah, serta kemampuan berbicara serta bersosialisasi.

Tak hanya itu, mewarnai juga mampu mengaktifkan otak kanan dan kiri. Saat melakukannya, kamu cenderung memikirkan keselarasan serta pemilihan warna. Nah, setelahnya, kemampuan motorik maupun menyelesaikan masalah akan meningkat berkat aktivitas ini.

6. Mengenang masa kecil

Mewarnai dapat dijadikan ajang untuk mengenang keseruan masa-masa  kecil, dimana seseorang tidak dibebankan oleh banyak tanggung jawab atau masalah. Hal yang perlu dilakukan saat itu hanya belajar dan bermain bersama teman-teman.

Bernostalgia seperti ini akan membuatmu teralih dari pikiran yang memicu stres atau cemas. Dengan begitu, suasana hati menjadi lebih senang karena mampu melupakan berbagai masalah kehidupan yang tengah dialami, meski hanya sesaat.

Itulah enam manfaat mewarnai yang ternyata tak hanya baik bagi anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Usai membaca poin-poin diatas, apakah kamu tertarik untuk melakukannya?

Sumber: klikdokter, guesehat, alodokter, orami

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak