facebook

6 Manfaat Kandungan AHA untuk Perawatan Kulit, Bisa Cegah Jerawat hingga Mencerahkan

Xandra Junia Indriasti
6 Manfaat Kandungan AHA untuk Perawatan Kulit, Bisa Cegah Jerawat hingga Mencerahkan
Ilustrasi kandungan AHA yang baik untuk kecantikan kulit. (freepik)

Alpha hydroxy acids atau AHA merupakan sekelompok asam yang bisa diperoleh secara alami melalui berbagai macam buah, mulai dari jeruk, apel, hingga anggur. AHA memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Tidak heran jika kandungan AHA seringkali dijadikan bahan pendukung produk perawatan kulit karena mampu memberi 6 manfaat, seperti yang sudah dirangkum sehatq dan alodokter berikut ini.

1. Mencegah Terjadinya Jerawat

Bagi kamu pemilik wajah sensitif, AHA merupakan kandungan yang cocok untuk dipakai. Manfaatnya ini dapat mencegah bahkan mengatasi kemunculan jerawat pada kulit dengan membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat sebum atau bakteri.

Pori-pori yang bersih rentan menjauhimu dari pertumbuhan jerawat. Tak hanya itu, AHA juga disebut mampu memperkecil pori-pori, memudarkan bekas jerawat, serta menenangkan kulit yang meradang atau kemerahan.

2. Mengatasi Gejala Penuaan Dini

Gejala penuaan dini meliputi kemunculan garis halus, keriput, kerutan, serta kulit yang mulai mengendur. Kondisi ini ada kaitannya dengan penurunan produksi kolagen. Nah, kandungan AHA disebut bisa mengatasi masalah ini.

Penggunaan AHA berupa pelembap atau serum dapat meningkatkan jumlah kolagen dengan membentuk serat yang baru. Dengan begitu, berbagai tanda penuaan dini akan berangsur hilang, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan halus.

3. Memberi Efek Mencerahkan

Penggunaan kandungan AHA nyatanya dapat memberi efek mencerahkan. Manfaat ini diperoleh dari perannya dalam mengangkat sel kulit mati yang menjadi salah satu penyebab kekusaman.

Jika digunakan secara rutin, AHA juga dapat membantu memperbaiki warna kulit tidak merata. Mulai dari bekas jerawat dan luka, hingga mampu memudarkan hiperpigmentasi akibat paparan sinar ultraviolet berlebih.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Keutamaan AHA adalah mampu mengeksfoliasi yakni mengangkat sel kulit mati. Dimana proses regenerasi atau pembentukannya yang baru menjadi lebih cepat serta membuatnya semakin tampak sehat.

Regenerasi merupakan suatu proses yang diperlukan bagi kulit agar terlihat segar dan awet muda. Pasalnya, dengan pertambahan usia, siklus pergantian sel semakin lambat. Hal ini dapat menimbulkan penumpukan yang membuat kulitmu seperti kurang terawat.

5. Meningkatkan Kinerja Produk Lain

AHA juga dapat meningkatkan penyerapan produk perawatan lain yang digunakan setelahnya. Guna memperoleh manfaat ini, coba pakai toner yang memiliki kandungan tersebut. 

Tepatnya, sesudah pembersih wajah dan sebelum pelembap atau serum. AHA akan menembus lapisan sel kulit mati yang sulit menyerap produk lain hingga membuat kinerjanya menjadi lebih efektif.

6. Memperlancar Aliran Darah

Manfaat AHA yang bersifat anti radang juga dapat memperlancar aliran darah menuju kulit. Kemampuannya ini akan memperbaiki warna kulitmu yang tampak kusam atau pucat. Selain itu, mampu menerima nutrisi yang baik bagi kulit.

Itulah enam manfaat kandungan AHA yang banyak digunakan untuk produk perawatan kulit. Apakah kamu sudah merasakan semua poin-poin yang disebutkan di atas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak