facebook

Perlu Dipenuhi, Ini 6 Nutrisi untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Xandra Junia Indriasti
Perlu Dipenuhi, Ini 6 Nutrisi untuk Menjaga Kesehatan Tulang
Ilustrasi Memenuhi Asupan Nutrisi Tulang (freepik)

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang juga wajib kamu jaga kesehatannya. Tujuannya agar terhindar dari pengeroposan atau kerapuhan di usia tua nanti.

Nah, di bawah ini ada 6 kandungan yang menjadi nutrisi penting untuk memelihara kesehatan dan kekuatan tulangmu, seperti dirangkum dari alodokter dan klikdokter. Cari tahu, yuk!

1. Vitamin D

Vitamin D bekerja dengan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Tanpa bantuannya, proses tersebut akan sulit berjalan secara maksimal di mana tulang akan kekurangan nutrisi yang dapat memperkuatnya.

Guna mencukupi kebutuhan vitamin D, dianjurkan untuk mengonsumsi kuning telur, hati sapi, tuna, susu, serta produk olahannya. Bisa juga dengan berjemur di bawah sinar matahari di waktu baik, yaitu maksimal jam 11.

2. Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang terdapat pada tulang. Namun, seiring berjalannya waktu dapat menurun. Nah, guna memelihara struktur dan kekuatannya, kamu perlu mengonsumsi asupan yang memiliki kandungan tersebut. Misal, susu.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 menjaga kesehatan tulang dengan mencegahnya dari pengeroposan serta kerapuhan yang dikenal dengan istilah osteoporosis. Untuk memenuhi kebutuhannya, kamu bisa mengonsumsi ayam, telur, tiram, dan juga ikan.

4. Vitamin K

Vitamin K juga menjadi kandungan yang dapat memelihara kesehatan tulang. Tepatnya dengan membantu proses penyerapan kalsium serta mengoptimalkan pembentukannya. Penuhi nutrisi ini dengan mengonsumsi bayam atau kangkung.

5. Vitamin C

Tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulangmu. Kandungan ini akan membantu proses pembentukan kolagen yang berguna bagi tulang dan gigi. Sumber nutrisinya bisa diperoleh dari jeruk, kiwi, stroberi, pepaya, atau mangga.

6. Magnesium

Magnesium menjadi jenis mineral lainnya yang dapat menjaga kesehatan tulang. Kandungan ini berperan penting dalam mengubah vitamin D menjadi bentuk yang lebih aktif pada proses penyerapan kalsium.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa seseorang yang rutin memenuhi kebutuhan harian magnesium, akan memiliki kepadatan tulang 2-3 persen lebih tinggi. Sumber kandungan ini bisa ditemukan pada alpukat dan sayuran hijau.

Itulah keenam kandungan yang  bermanfaat dan teruji ampuh bagi kesehatan tulang. Lalu, apakah kamu selalu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak