facebook

8 Kegiatan Produktif saat Weekend

Mualifah Putriana
8 Kegiatan Produktif saat Weekend
Ilustrasi menanam (pixels.com/mualifahpd)

Weekend menjadi salah satu momen untuk rehat dari segala aktivitas sehari-hari. Apalagi jika aktivitas yang biasa kamu lakukan sangat mengurasa pikiran dan juga energi. Tapi tahukan kamu bahwa beristirahat sehari penuh juga akan menyebabkan tubuh menjadi kurang segar bahkan kurang sehat?

Istirahat merupakan salah satu hal pokok yang harus dilakukan semua orang. Namun, istirahat sendiri memiliki beberapa anjuran.

Mengutip dari laman Hellosehat, anjuran istirahat untuk usia remaja adalah 8-10 jam, dewasa 7-9 jam, sedangkan untuk lansia sendiri 7-8 jam dalam satu hari.

Oleh karena itu, yuk biasakan mengisi weekend mu dengan beberapa hal bermanfaat dan produktif seperti beberapa kegiatan berikut ini:

1.    Bersih-bersih

Sepertinya bersih-bersih bukanlah hal yang baru ya, namun hal yang harus dilakukan setiap harinya. Tetapi kamu bisa membersihkan beberapa tempat seperti gudang, taman, sampai halaman belakang rumah saat weekend. Tentunya selain rumah terasa lebih nyaman juga lebih rapi dan juga sehat.

2.    Berkebun

Salah satu hal menyenangkan yang dapat dilakukan bersama keluarga saat weekend adalah berkebun. Tidak harus memiliki pekarangan yang luas, karena sekarang ada beberapa taman vertikal maupun dalam pot yang bisa menghiasi hunian mungil yang kamu miliki.

Kamu bisa mencoba berkebun berbagai tanaman. Mulai dari sayuran, buah-buahan, sampai dengan tanaman hias. Selain mempercantik rumah, buah dan sayur juga bisa dipanen untuk dikonsumsi sendiri atau bisa juga dijual.

3.    Menata ulang barang di ruangan

Ada kalanya suatu ketika mengalami kejenuhan terhadap tatanan barang yang ada di ruangan, untuk membuat suasana baru kamu bisa merapikannya juga meletakannya pada posisi baru yang tentunya lebih rapi dan juga aestetik. Kamu juga bisa mengecat dinding rumah.

4.    Memasak

Bagi sebagian orang, memasak sudah menjadi rutinitas sehari-hari tidak peduli bahwa itu weekday ataupun weekend. Tetapi kamu bisa berkreasi dengan berbagai olahan yang tidak biasa dimasak sehari-hari. Contohnya adalah membuat beberapa snack atau dessert.

Tidak usah khawatir apabila kamu belum pandai memasak karena sekarang ada banyak resep yang bisa kmau cari melalui internet ataupun kamu juga bisa melihat tutorialnya melalui Youtube.

5.    Berolah raga

Salah satu kegiatan favorit beberapa orang adalah berolah raga, selain menyehatkan, berolah raga juga membantu kita untuk memperbaiki mood sehari-hari. Banyak olahraga yang bisa dilakukan diantaranya adalah lari, jalan-jalan, berenang, bersepeda, golf, sampai senam.

6.    Membaca buku

Kamu bisa membaca berbagai macam buku seperti buku tentang pengetahuan, novel, majalah, dan lainnya. Tidak usah khawatir apabila kamu tidak memiliki beberapa buku untuk dibaca karena kamu bisa membaca berbagai e-book yang tersedia secara online.

7.    Berbelanja

Kalau kegiatan yang satu ini rasanya sangat lekat dengan keseharian kaum hawa ya, berbelanja merupakan salah satu cara melepas kepenatan dan juga stress yang dihadapi sehari-hari. Mulai dari berbelanja kebutuhan bulanan, berbelanja kebutuhan dapur, ataupun berbelanja kebutuhan untuk hobi kamu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rasa bahagia dan juga semangat.

8.    Merawat diri

Kegiatan yang terakhir yang bisa kamu lakukan saat weekend adalah merawat diri. Tak perlu mahal, kamu bisa melakukan berbagai perawatan sendiri di rumah.

Kamu bisa menggunakan berbagai bahan alami seperti minyak kelapa, aloe vera untuk merawat rambut, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami sebagai lulur dan scrub badan contohnya menggunakan kopi, atau kamu juga bisa membuat masker wajah alami dari madu. Murah dan mudah didapatkan bukan?

Jadi buat kamu yang weekendnya masih rebahan, yuk mulai satu aktivitas produktif diatas agar weekendmu lebih bermakna.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak