facebook

5 Manfaat Shea Butter untuk Perawatan Kulit, Bisa Atasi Jerawat hingga Luka Bakar

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Shea Butter untuk Perawatan Kulit, Bisa Atasi Jerawat hingga Luka Bakar
Ilustrasi Shea Butter. (freepik)

Shea butter berasal dari ekstrak kacang pohon shea yang banyak ditemukan di Afrika. Namanya seringkali dijumpai pada produk perawatan kulit karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nah berikut ini, alodokter dan sehatq telah merangkum 5 di antaranya.

1. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Shea butter tinggi akan beragam jenis asam lemak esensial yang mampu mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit. Lalu, dapat memelihara keseimbangan kadar minyak yang akan membantu untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Jika tidak segera diatasi, seringkali dapat mengganggu penampilan.

2. Mengurangi Stretch Mark

Kandungan vitamin A dan E yang terdapat pada shea butter disebut dapat menghidrasi serta mengembalikan kekenyalan kulit. Dengan begitu, bisa bermanfaat dalam menghambat atau mencegah stretch mark yang sering muncul pada kulit wanita.

3. Melembapkan dan Melindungi dari Sinar Matahari

Shea butter dapat berperan sebagai emolien yang akan melembapkan dan memperlembut kulit kering. Selain itu, terdapat kandungan SPF di dalamnya yang bisa melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. 

4. Melawan Gejala Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai oleh munculnya garis halus, kerutan, dan bintik hitam. Namun, tidak perlu khawatir karena shea butter mampu mencegahnya berkat kandungan triterpen. Zat ini akan menjaga dan meningkatkan produksi kolagen.

Dimana penting bagi kekencangan dan kekenyalan kulit. Sementara itu, kandungan vitamin A dan E yang terdapat pada shea butter dapat membantu proses regenerasi dengan memicu pembentukan sel kulit baru. Jadi, kulitmu akan tampak jauh lebih muda.

5. Mengobati Luka Bakar dan Infeksi

Sifat antiradang yang dimiliki shea butter diketahui mampu mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Lalu, ada asam lemak yang bisa menenangkan luka bakar (sunburn) dengan menjaga kelembapan kulit.

Tepatnya selama proses penyembuhan. Selain itu, shea butter juga mengandung berbagai nutrisi yang dapat mencegah infeksi kulit karena jamur dan tungau. Diantaranya, seperti kurap, kutu air, serta kudis.

Itulah kelima manfaat shea butter yang sering dijadikan bahan produk perawatan kulit dan baik untuk menjaga kesehatannya. Lalu, apakah kamu termasuk salah satu penggunanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak