facebook

Tak Hanya Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Buah Duku bagi Kesehatan

Xandra Junia Indriasti
Tak Hanya Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Buah Duku bagi Kesehatan
Buah Duku (pixabay/xandrajunia)

Duku termasuk buah yang populer di Indonesia dan bisa ditemukan dengan mudah pada pasar tradisional. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang mengetahui manfaat darinya. Untuk lebih jelas, berikut ada 5 diantaranya yang wajib kamu kenali.

1. Menjaga Kecantikan Kulit

Kesehatan dan kecantikan kulit merupakan dua hal yang perlu dijaga agar terhindar dari berbagai masalah. Beberapa diantaranya, kulit kering atau kusam yang seringkali mengganggu penampilan seseorang hingga sulit merasa percaya diri.

Namun, kamu dengan kondisi seperti ini tidak perlu khawatir. Menurut berbagai studi, buah duku bisa dijadikan salah satu solusi untuk melembapkan dan mencerahkan kulit. Sudah banyak perusahaan produk perawatan yang membuatnya.

2. Menghambat Sembelit

Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang membuat para penderitanya merasa kesulitan untuk buang air besar. Seringkali disebabkan oleh kurangnya asupan serat pada tubuh hingga feses tidak bisa keluar.

Untuk mengatasinya, kamu perlu mencukupi kebutuhan nutrisi harian serat. Misal, dengan buah duku yang mengandung serat. Usai mengonsumsinya, sembelit bisa dihindari dan saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Penyakit seringkali datang saat tubuh tidak memiliki sistem imun yang cukup. Kondisi seperti ini nyatanya disenangi virus, bakteri, kuman, dan mikroorganisme lain untuk datang yang kemudian melumpuhkan kesehatanmu. 

Mengonsumsi buah duku bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, terdapat kandungan vitamin B dan C yang akan membuatmu menjadi lebih kuat dan tahan dari serangan berbagai penyakit.

4. Cocok untuk Diet

Memiliki tubuh ideal adalah impian dari banyak orang. Diet menjadi salah satu cara yang dapat mewujudkannya, namun jangan sampai terlalu ketat karena khawatir akan mengganggu kesehatan. Intinya, pilih yang sesuai dengan kemampuan tubuhmu.

Duku mengandung thiamin, niasin, dan riboflavin yang bekerja untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi. Dengan begitu, kegiatan penurunan berat badan akan terjaga olehnya meski kamu mengonsumsi nasi dan sejenisnya.

Selain itu, ada vitamin C dan serat pada buah duku yang dapat mengenyangkan perut lebih cepat serta tahan lama. Dengan begitu, kamu akan terhindar untuk mengonsumsi makanan dalam porsi besar kedepannya.

5. Mencegah Kanker dan Tumor

Menurut sebuah penelitian di Jepang, duku dapat mencegah pertumbuhan tumor pada kulit. Selain itu, mereka juga mengungkapkan bahwa berkat kandungan anti mutagenik, buah tersebut mampu menghambat perkembangbiakan sel kanker pada tubuh.

Itulah lima manfaat yang bisa diperoleh dari buah duku. Lalu, apakah kamu termasuk salah satu yang sering mengonsumsinya?

Sumber: hellosehat, sehatq

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak