facebook

5 Manfaat Labu Kuning, Mempercantik Kulit dan Baik untuk Penglihatan

ALIMMUL FATTAH
5 Manfaat Labu Kuning, Mempercantik Kulit dan Baik untuk Penglihatan
Labu kuning (pixabay)

Di luar negeri, labu kuning sering digunakan sebagai dekorasi rumah saat Halloween tiba. Labu kuning akan diukir dan dihias sedemikian rupa agar bentuknya terlihat menyeramkan. Sementara di Indonesia sendiri, labu kuning kerap diolah menjadi kolak selama bulan puasa.

Banyak yang tidak mengetahui kalau ternyata buah bulat berwarna oren ini memiliki segudang manfaat bagi Kesehatan tubuh, ditambah lagi labu kuning ini sangat mudah untuk diolah. Labu kuning kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, sedikit lemak, berbagai macam vitamin, hingga mineral. Menyadur dari hallosehat, berikut 5 manfaat labu kuning bagi Kesehatan.

1.  Membuat Anda kenyang lebih lama

Jika Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, labu kuning bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan makanan diet. Selain memiliki rasa yang enak, labu kuning juga memberi manfaat berupa penurunan berat badan. Sebab, kandungan di dalam labu kuning rendah kalori dan karbohidrat. Memakan labu kuning juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Hal itu dikarenakan labu memiliki serat yang tinggi sehingga berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan dalam tubuh.

2.  Menajamkan penglihatan

Labu kuning mengandung betakaroten, yang berarti buah ini kaya akan vitamin A. Betakaroten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, dan berfungsi untuk membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dan antioksidan yang dapat mencegah katarak.

3.  Mempercantik kulit

Manfaat lain dari labu kuning adalah merawat kecantikan kulit. Sebab, labu kuning mengandung berbagai vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan muda. Kandungan betakaroten dalam labu dapat menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV. Itulah sebabnya mengonsumsi labu kuning dapat membuat Anda lebih awet muda.

4.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A yang melimpah dalam labu kuning memberi manfaat agar tubuh terhindar dari virus dan penyakit menular. Bahkan, minyak labu dapat membantu melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur. Itulah kenapa mengonsumsi labu kuning dapat memperbaiki dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh demi mencegah berbagai macam penyakit.

5.  Mencegah penyakit kanker

Kandungan betakaroten yang tinggi pada labu kuning selain bagus untuk mata dan kulit juga bisa membantu mencegah kanker. Kandungan lain seperti antioksidan dari vitamin A dan C dalam labu kuning bertindak sebagai pelindung sel-sel tubuh Anda dalam melawan radikal bebas penyebab kanker.

Itulah 5 manfaat labu kuning bagi Kesehatan tubuh Anda. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak