facebook

Sering Dijadikan Bahan Tumis, Ini 6 Manfaat Genjer bagi Kesehatan

Xandra Junia Indriasti
Sering Dijadikan Bahan Tumis, Ini 6 Manfaat Genjer bagi Kesehatan
Sayur Genjer (freepik)

Genjer adalah salah satu sayuran yang banyak tumbuh di rawa dan sawah, serta cukup populer di Indonesia. Biasanya, genjer disantap sebagai lalapan atau diolah menjadi tumis. Genjer ocok dijadikan teman makan nasi hangat.

Tak hanya lezat, genjer juga nyatanya memiliki beragam nutrisi sehingga dapat memberimu banyak manfaat. Nah, di bawah ini ada 6 manfaat genjer seperti dirangkum dari hellosehat dan sehatq

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Sama seperti sayuran lainnya, genjer juga mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan ini diketahui mampu memperlancar sistem pencernaan serta mencegahmu dari berbagai gangguan, seperti sembelit, diare, hingga radang usus.

2. Melindungi Kulit

Penuaan dini merupakan masalah yang paling sering dikeluhkan banyak orang. Tanda-tandanya meliputi kulit kendur, kusam, keriput, dan muncul bintik hitam. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena genjer dapat dijadikan salah satu solusi.

Genjer diketahui memiliki senyawa antioksidan, seperti karoten dan mikronutrien. Kedua kandungan ini mampu meningkatkan kesehatan kulit dan pertahanannya dari paparan sinar ultraviolet. Jadi, berbagai tanda penuaan dini bisa dicegah olehnya.

3. Menjaga Fungsi Mata dan Kesehatan Tulang

Karoten pada genjer juga diketahui mampu menjaga fungsi mata serta melindunginya dari beragam penyakit. Baiknya lagi, senyawa antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko kehilangan penglihatan.

Tak hanya itu, genjer juga mengandung berbagai mineral, seperti kalsium dan fosfor. Semua kandungan ini berperan penting dalam memelihara kesehatan tulang agar tetap kuat. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari pengeroposan.

4. Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Genjer juga mengandung vitamin C, dimana baik untuk memperbaiki sel atau jaringan tubuh yang rusak. Selain itu, nutrisi ini juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, meningkatkan sistem imun, serta mempercepat penyembuhan luka.

5. Melawan Radikal Bebas

Kandungan karoten pada genjer bisa dibilang cukup tinggi dan bersifat antioksidan. Senyawa ini mampu melawan molekul yang tidak stabil, yakni radikal bebas. Dengan kata lain, sayur tersebut akan membantu menghindarimu dari stres oksidatif.

6. Mengontrol Kadar Tekanan Darah

Genjer kaya akan kalium yang berperan untuk memelihara keseimbangan tekanan darah. Kandungan ini dapat membantu menetralisir natrium berbahaya melalui urine, sehingga kadarnya tetap normal.

Jadi, genjer sangat cocok dikonsumsi bagi kamu penderita hipertensi. Pasalnya, kalium yang terkandung di dalamnya mampu meredakan ketegangan dinding pembuluh darah. Kondisi ini juga merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

Itulah enam manfaat genjer yang ternyata baik bagi kesehatan tubuh. Apakah kamu termasuk yang pernah atau bahkan sering mengonsumsinya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak