facebook

Mengenal 5 Manfaat Yoga, Salah Satu Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Xandra Junia Indriasti
Mengenal 5 Manfaat Yoga, Salah Satu Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi Yoga (pixabay)

Yoga merupakan salah satu olahraga yang paling banyak diganderungi oleh para wanita. Enaknya lagi, bisa dilakukan di rumah sehingga cocok untuk masa pandemi seperti sekarang ini yang mengharuskanmu berdiam diri di tempat tinggal.

Dikenal sebagai olahraga meditasi, yoga tak hanya memberikan kesehatan secara mental, tetapi juga fisik. Seperti halnya yang tersaji pada 5 poin di bawah ini, di mana yoga memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Ini manfaat Yoga seperti dirangkum dari alodokter dan halodoc.

1. Mengatasi Stres

Yoga juga termasuk olahraga yang dapat mengurangi stres. Kondisi ini seringkali dialami seseorang karena terlalu banyak menghadapi masalah dalam hidup. Manfaatnya sendiri diperoleh berkat penurunan hormon kortisol (yang menyebabkan stres).

Beragam studi juga mengungkapkan bahwa yoga mampu mengatasi rasa gelisah, cemas berlebih, serta memperbaiki suasana hati dan kenyamanan fisik dan mental seseorang. Manfaat ini dapat dirasakan oleh penderita anxiety hingga insomnia (susah tidur).

2. Meredakan Gejala Asma

Asma yang kambuh seringkali mengganggu dan menyiksa para penderitanya. Untuk mengatasi penyakit ini, cobalah rutin melakukan yoga. Sebuah studi mengungkapkan bahwa olahraga tersebut mampu meredakan beragam gejala asma, tetapi kejelasannya masih diteliti hingga saat ini.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Kebanyakan gerakan yoga akan melibatkan kekuatan otot yang membuatnya menjadi lebih aktif. Jika dilakukan secara rutin, postur tubuh dengan sendirinya terbentuk semakin ideal. Situasi seperti ini tentu dapat meningkatkan kepercayaan dirimu.

Selain itu, melakukan yoga juga dapat menjadikan tubuhmu lebih peka. Satu contoh, saat kamu duduk dalam keadaan membungkuk, secara tidak sadar atau spontan, tubuh akan segera berubah ke postur yang benar.

4. Membuatmu Awet Muda

Menurut beberapa ahli, yoga akan menjadikanmu awet muda karena dapat menghambat proses penuaan. Dengan catatan, kamu perlu melakukan posenya tidak asal-asalan atau harus sesuai.

Pose yang benar dapat mengirimkan darah kaya oksigen pada otak. Kondisi ini bisa menjadikan seluruh fungsi tubuh terjaga dengan optimal, baik secara fisik maupun mental. Selain itu, mampu membuat otot wajah mengalami sensasi, dimana kulit tidak mudah kendur atau selalu kencang.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Usai melakukan yoga, seluruh bagian otot yang semula kaku akan perlahan meregang. Kondisi seperti ini membuatmu menjadi lebih rileks untuk beristirahat. Selain itu, pikiran yang tenang juga meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Dengan kata lain, aktivitas yoga ini dapat mencukupi kebutuhan tidur sesuai porsinya dan membuatmu merasa nyenyak tanpa harus sering terbangun di tengah malam. Kamu juga akan terhindari dari insomnia yang kurang baik bagi kesehatan. Itulah lima manfaat yoga yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Usai membaca poin-poin diatas, apakah kamu tertarik untuk melakukannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak