facebook

5 Manfaat Talas bagi Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Kekuatan Tulang

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Talas bagi Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Kekuatan Tulang
Talas (pixabay)

Talas merupakan salah satu jenis umbi akar yang berasal dari Asia Tenggara dan India. Warnanya sendiri beragam, yakni putih, merah, hingga ungu. Dikenal memiliki rasa yang lezat, di dalamnya juga terdapat banyak nutrisi penting bagi kesehatan.

Disadur dari hellosehat dan alodokter, berikut ada 5 manfaat talas yang tidak bisa kamu lewatkan karena sangat baik bagi kesehatan tubuh. Cari tahu, yuk!

1. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Berkat kandungan kalsium-nya, talas dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang. Kadarnya bahkan diketahui lebih tinggi dari umbi-umbi lain, seperti singkong. 

Jika mampu memenuhi kebutuhan zat tersebut, maka tulangmu akan menjadi semakin padat dan kuat. Ditambah bisa menghindari pengeroposan atau yang dikenal dengan istilah osteoporosis.

2. Menurunkan Berat Badan

Serat dan karbohidrat pada talas membutuhkan waktu cukup lambat untuk dicerna tubuh. Hal ini membuatnya mampu memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan makan banyak pun bisa semakin berkurang.

Maka dari itu, talas dianggap baik untuk para pelaku diet karena dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, kamu tidak bisa hanya mengandalkannya. Diperlukan juga  penerapan berbagai gaya hidup dan pola makan sehat yang lain.

3. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Talas juga termasuk umbi yang memiliki pati resisten. Kandungan ini mampu meningkatkan kesehatan usus yang diperoleh dari fermentasi. Di mana menghasilkan lebih banyak bakteri baik yang dapat mengatasi sembelit dan perut kembung.

Pati ini difermentasi secara perlahan hingga menimbulkan gas yang lebih sedikit dari serat lainnya. Tidak heran jika kandungan yang terdapat pada talas tersebut berperan penting untuk mencegah masalah pencernaan, seperti susah buang air besar, diare hingga kram perut.

4. Mencegah Risiko Kanker

Radikal bebas tak hanya merusak fungsi organ tubuh, tapi juga memicu pertumbuhan sel kanker. Antioksidan yang terkandung pada talas disebut mampu menangkal efeknya yang muncul dari berbagai sumber, seperti polusi dan sinar matahari.

Dengan kata lain, talas dapat melindungi tubuhmu dari paparan radikal bebas, yang berarti akan mencegah risiko terjadinya kanker. Manfaat ini berkat kandungan antioksidan yang berjenis vitamin C, vitamin E, dan polifenol.

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi berisiko menyebabkan resistensi insulin yang jika tidak terkontrol akan membuatmu menderita diabetes. Untuk menjaganya agar tetap stabil, diperlukan karbohidrat kompleks dan serat. Kamu bisa mendapatkannya dari talas yang juga memiliki kadar glikemik rendah.

Itulah lima manfaat talas, salah satu umbi yang ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh. Nah, usai mengetahui hal ini, apakah kamu mulai tertarik untuk mengonsumsinya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak