facebook

Inilah 5 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Ahmad Dahri
Inilah 5 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan
ilustrasi buah kurma (Pixabay)

Kurma selalu identik dengan bulan Ramadan. Di hampir setiap toko penyedia makanan dan buah-buahan selalu ramai kurma dengan berbagai jenis ditawarkan. Buah kurma biasanya dihidangkan saat berbuka puasa untuk takjil. Oleh sebab itu, di bulan Ramadan selalu ramai orang berburu kurma. 

Buah kurma adalah buah yang tumbuh di timur tengah, khususnya di  wilayah jazirah Arab. Nabi Muhammad, melalui hadistnya juga mengatakan bahwa buah kurma adalah buah kurma memiliki khasiat untuk menghalangi sihir. 

Dikatakan dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari, bahwa Nabi pernah berkata barang siapa yang memakan 7 buah kurma dengan jenis ajwa di pagi hari, maka ia akan terhindar dari racun dan sihir (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim).

Oleh sebab itu, mengapa kurma menjadi satu komoditas buah yang cukup ramai dicari dan dikonsumsi di waktu-waktu tertentu. Di samping itu, kurma juga secara medis memiliki khasiat dan manfaat pada kesehatan. Sehingga, banyak produk-produk kesehatan yang menggunakan sari kurma. 

Berikut adalah 5 manfaat kurma untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur, manfaat ini diambil dari beberapa sumber seperti dinkes.kukarkab.go.id, hallosehat.com, dan alodokter.com.  Di antaranya adalah:

1. Mengatasi penyakit diaibetes

Kurma memiliki manfaat untuk mengatasi diabet. Kandungan gula yang dimiliki oleh kurma juga sedikit. Walaupun manis, tetapi bukan karena kandungan gulanya. Justru dapat mengurangi diabetes atau gula yang tinggi dalam tubuh.

Menurut berbagai sumber, kurma dapat meningkatkan produksi insulin dan mengurangi penyerapan glukosa dari usus, sehingga dapat mengurangi lemak yang ada dalam tubuh. 

2. Merawat kesehatan kulit

Kandungan yang ada dalam buah kurma dapat menjaga kesehatan kulit. Sehingga dapat mengatasi penuaan dini. Hal ini karena buah kurma mengandung vitamin C dan D yang dapat memberikan manfaat bagi kulit. 

3. Menurunkan lemak

Bagi yang memiliki penyakit kolesterol, disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma. Apalagi saat Ramadan begini. Buah kurma dapat mengurangi lemak yang ada di dalam tubuh. Begitu juga buah kurma dapat menjaga dan menstabilkan jumlah lemak.

4. Menguatkan Tulang

Di samping menurunkan lemak, buah kurma juga memiliki manfaat untuk menguatkan tulang. Hal ini dikarenakan buah kurma memiliki kandungan zat besi. Sehingga mengonsumsi buah kurma dapat mengatasi osteoporosis. 

5. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah alat vital yang ada di dalam tubuh. Pemompaan darah berada pada jantung. Oleh sebab itu, kesehatan jantung perlu dijaga. Salah satu upaya menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi buah kurma. 

Itulah 5 manfaat buah kurma dan cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur. Semoga kita semua diberikan kesehatan selalu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak