facebook

7 Poin Penting dalam Menggali Passion untuk Menentukan Pekerjaanmu

Ahmad Dahri
7 Poin Penting dalam Menggali Passion untuk Menentukan Pekerjaanmu
Ilustrasi mainmap (Pixabay)

Membaca buku Antonio Ludfi yang berjudul Mantra, akhirnya menemukan 7 poin penting dalam ruang-ruang pekerjaan. Di mana imbasnya adalah pada kehidupan baik secara individu maupun  secara sosial. Buku yang menjelaskan tentang bagaimana kekuatan sebuah kata, sehingga menjadi spirit dan menjadi mantra bagi siapapun saja dalam menjalani proses-proses kehidupan, khususnya dalam menemukan passionnya. 

Di mana setiap manusia memiliki passion yang berbeda-beda. Sehingga tidak bisa disamakan dalam satu ruang yang justru malah menimbulkan tekanan dan depresi.  Ada 7 poin yang menjadi rumus agar dalam menentukan passion. Di mana 7 poin ini mengandung stimulus yang luar biasa dalam dunia kerja. Sehingga pekerjaan yang sesuai dengan passionnya akan dijalani dengan santai dan penuh dengan profesionalitas yang tinggi. Berikut 7 poin penting dalam menggali passion untuk menentukan pekerjaan berdasarkan buku Antonio Ludfi.

1. Niat

Setiap orang harus memiliki niat dalam menjalani aktivitasnya, baik dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan. Pekerjaan akan selesai tepat waktu dan sesuai dengan keinginan, jika ada niat yang kuat dalam diri. Bukankah dalam dimensi agama juga dijelaskan bahwa segala sesuatu (baik dan buruknya, maksimal dan tidaknya) tergantung pada niatnya. 

2. Semangat

Semangat atau spirit adalah modal sosial dan modal moral dalma kehidupan. Siapa yang tidak memiliki kebutuhan hidup? Dan siapa yang tidak berusaha memenuhinya? Pasti semua memiliki dan berusaha. 

Oleh sebab itu, poin yang kedua adalah semangat yang harus dipupuk dan ditumbuhkan selalu. Mengapa? Karena dengan semangat yang pantang menyerah, seseorang akan mampu mencapai tujuan dan target dalam kehidupannya. Begitu juga dalam dunia pekerjaan. 

3. Antusias

Mewujudkan antusias dalam diri itu perlu dilatih. Karena latar belakang pengetahuan, pengalaman dan keterbukaan pikiran setiap orang berbeda. Antusias yang terukur akan mampu melahirkan sikap dan pola kerja yang maksimal. Tidak menunda-nunda pekerjaan. 

4. Sinergitas

Sinergi adalah pola kerjasama yang dibangun untuk kepentingan tertentu. Setiap orang memiliki kepentingan, setiap kelompok juga demikian. Oleh sebab itu, penting kiranya jika kita memahami sistem kerjasama dengan baik. Karena dengan begitu, akan muncul pola kecenderungan kita dalam ruang-ruang publik, khususnya dalam menilai pekerjaan yang pas untuk kita. Sinergitas juga memiliki manfaat dalam meningkatkan profesionalitas kita dalam bekerja.

5. Profesionalitas

Seiring menggali passion dalam pekerjaan kita, penting kiranya untuk melatih diri agar bersikap profesional dalam hal apapun. Sehingga, ketika bekerja sesuai dengan passionnya nanti profesional sudah menjadi sebuah kebiasaan. 

6. Positif thinking

Berpikir positif adalah modal utama dalam menjalani rumitnya kehidupan. Jarang orang memiliki pemikiran yang positif, karena serba waspada, serba berkompetisi dan berspekulasi. Oleh karena itu, modal utama dalam kehidupan dan menjalin komunikasi kerja yang baik adalah selalu memiliki pemikiran yang positif. 

Memiliki kreativitas atau InovasiManusia dibekali dengan kecerdasan dan potensi yang fitrah. Sejak lahir sudah ada tanda-tandanya. Tinggal bagaimana manusia mengelola dan menumbuhkannya. 

Jika pekerjaan kita selalu dihiasi oleh kreativitas-kreativitas maka akan muncul kepuasan dan kebahagiaan, tidak hanya bagi kita tetapi berdampak positif bagi orang lain. 

7. Evaluasi diri

Dalam dunia kerja, bahkan komunikasi sosial lainnya, jangan sampai meninggalkan konsep dan sikap sadar untuk mengevaluasi diri. 

Evaluasi diri penting untuk selalu meningkatkan kualitas diri. Sehingga ada sebuah ajaran arif yang mengatakan bahwa nilailah dirimu sendiri, sebelum menilai orang lain, pandai-pandailah berkaca diri. 

Ini tentu menjadi tambahan modal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Sehingga passion yang kita miliki akan muncul dengan sendirinya, akan tumbuh dan berkembang seiring dengan proses-proses evaluasi diri. 

Itulah 7 poin penting dalam menggali passion yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Semoga menjadi tambahan pengetahuan dan manfaat bagi kita semua. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak