facebook

Hindari 5 Hal Berikut dalam Rumah Tangga

Ahmad Dahri
Hindari 5 Hal Berikut dalam Rumah Tangga
Ilustrasi keluarga(sumber: pixabay)

Menjalin hubungan rumah tangga adalah upaya menjaga keberlangsungan kehidupan, dengan meregenerasi secara biologis. 

Dalam berbagai literatur, sebuah rumah tangga akan menjadi sebuah mahligai yang indah ketika disertai dengan hubungan dan komunikasi yang baik. 

Baik dalam hal ini adalah saling menjaga, menghargai, mengasihi dan menyayangi pasangan dan keluarga. Baik dalam anjuran agama maupun sikap sosial, baik dalam komunikasi rumah tangga sangat penting. 

Tujuan hubungan yang baik adalah keharmonisan dan keharmonian. Harmonis dalam kehidupan rumah tangga, harmoni dalam menjalani siklus kehidupan secara luas. 

Agar mencapai keharmonisan dan keharmonian, maka perlu menjaga hubungan rumah tangga dengan menghindari 5 hal berikut;

1. Jangan sampai merasa paling benar dalam rumah tangga

Suami baik istri, memiliki kewajiban dan tanggung jawab masing-masing yang diemban bersama-sama. 

2. Jangan merasa paling mendidik anak

Mendidik anak adalah tugas bersama. Baik suami dan istri memiliki tugas yang sama dalam menjaga dan mendidik anak-anaknya. 

3. Jangan melampiaskan kesedihan ke oranglain

Akibat pertengkaran kepada sesuatu yang menjerumuskan, seperti selingkuh, curhat kepada teman yang sudah berkeluarga, atau orang tua masing-masing. Karena ini akan mengakibatkan kefatalan yang luar biasa. 

4. Jangan sampai melukai hati suami atau istri dengan mengunggulkan orang tua masing-masing

Karena baik orang tua istri atau orang tua suami sudah menjadi orang tua seperti orang tua kandung. Orang tua itu dalam ajaran agama ada tiga, di antaranya adalah orang tua kandung, guru dan mertua. Sehingga baik orang tua kandung, maupun mertua sama-sama orang tua dari suami dan istri. 

5. Jangan menghadapi kemarahan pasangan dengan kepala yang keras dan hati yang panas

Jangan sampai terpancing emosi. Belajar mengontrol diri itu penting. Karena ketika saling emosi dan menunjukkan amarah masing-masing akan terjadi percekcokan dan menjadikan pertengkaran itu awal dari perpisahan. 

Itulah 5 hal yang harus dihindari dalam menjaga keharmonisan dan keharmonian rumah tangga. Semoga keluarga kita dijaga dalam cinta dan kebahagiaan. Sehingga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah, serta menjadi keluarga yang langgeng. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak