facebook

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Squat

Arta Kusuma
Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Squat
Ilustrasi Squat. (unsplash.com)

Olahraga merupakan aktivitas yang digemari oleh banyak orang tidak terkecuali olahraga squat. Squat merupakan latihan kekuatan dinamis yang membutuhkan beberapa otot tubuh bagian atas dan bawah agar dapat bergerak secara bersamaan.

Otot-otot ini seringkali membantu kamu untuk berjalan, membungkuk, mengangkat beban maupun menaiki tangga termasuk berolahraga.

Melansir dari medicalnewstoday.com dan healthline.com, berikut 5 manfaat olahraga squat bagi tubuh yang perlu kamu ketahui:

1.       Memperkuat Otot Tubuh Bagian Bawah

Tubuh bagian bawah mempunyai otot yang terbesar dan terkuat. Hal ini dapat kamu lihat mulai dari bangun dari tempat tidur, duduk dikursi, area glutes, paha depan, paha belakang, pinggul maupun betis bertanggung jawab atas segara gerakan yang kamu lakukan.

Melatih kekuatan otot seperti squat dapat membantu menguatkan dan membentuk otot tubuh bagian bawah. Pada saat otot tubuh ini dalam kondisi yang baik, kamu akan merasa nyaman, mengurangi rasa sakit dan melakukan olahraga apapun tak terkecuali olahraga yang membungkuk akan lebih mudah untuk dilakukan.

2.       Meningkatkan Kekuatan Atletik Pada Tubuh

Berdasarkan pada Journal of Sport Sciance and Medicine pada 2016, menyimpulkan bahwa latihan squat dapat membantu meningkatkan performa atletik secara bersamaan seperti lari cepat dan tenaga yang lebih kuat. Oleh karena itu, squat menjadi pilihan olahraga yang dapat dilakukan secara konsisten.

3.       Memperbaiki Postur Tubuh

Olahraga ini membuat penguatan khususnya pada area tulang belakang dengan melakukan jongkok kemudian berdiri (squat). Postur tubuh yang buruk berhubungan dengan sakit punggung, sakit leher, gangguan tidur hingga metabolisme menjadi lebih lambat.

4.       Membantumu Menjadi Pelari yang Lebih Baik

Squat meningkatkan kekuatan dan tenaga pada kaki yangmana dapat meningkatkan kecepatan lari. Selain itu dapat juga mengkoreksi ketidakseimbangan otot tubuh yang diakibatkan oleh olahraga lari jarak jauh.

5.       Mengurangi Resiko Cedera

Ketika otot-otot pada tubuh bagian bawah menguat maka kamu akan lebih mampu dalam melakukan gerakan seluruh tubuh dengan lebih baik, seimbang dan postur yang benar.

Itu tadi beberapa manfaat olahraga squat yang dapat dilakukan, namun kamu perlu berhati-hati ketika melakukan squat dengan beban berat. Hal ini dikarenakan dapat membuatmu cedera jika mengangkat beban terlalu berat diikuti pada saat squat, pengawasan dari profesional diperlukan disini. Semoga informasi diatas bermanfaat ya sobat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak