facebook

5 Manfaat Kakao untuk Kesehatan, Salah Satunya dapat Mengurangi Gejala Depresi

Anang wan
5 Manfaat Kakao untuk Kesehatan, Salah Satunya dapat Mengurangi Gejala Depresi
Ilustrasi buah kakao (Piqsels.com)

Kakao adalah asal muasal dari cokelat yang selama ini kamu nikmati, baik itu dalam bentuk batangan atau minuman. Dibalik itu semua, ternyata buah kakao memiliki kesehatan tubuh yang mungkin belum pernah kamu duga.

Kakao merupakan bentuk cokelat termurni dari cokelat yang biasa kamu konsumsi. Kakao berasal dari biji tanaman Theoboroma cacao.

Yakni tanaman yang menghasilkan buah yang cukup besar dan masing-masing mengandung 20 sampai 60 biji yang diselimuti oleh daging buah bewarna putih.

Tidak seperti rasa cokelat yang sudah diolah, buah ini rasanya kadang manis dan juga asam. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kakao merupakan biji dari buah cokelat yang masih mentah dan belum diolah.

Bahkan, biji yang mentah ini mengandung antioksidan paling tinggi dibanding dengan yang telah diolah. Selain itu, buah ini juga menjadi sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan.

Nah, berikut ini adalah sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari kakao. Yang dirangkum dari laman Hellosehat.com.

1.  Tinggi antioksidan

Bubuk kakao tinggi akan kandungan flavonoid sebagai bagian dari senyawa polifenol. Keduanya adalah antioksidan alami.

Antioksidan sendiri berguna untuk menangkal  efek buruk dari radikal bebas, yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh.

2. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Bubuk kakao yang tinggi akan flavonoid dipercaya dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Karena, flavonoid sendiri berperan dalam meningkatkan oksida nitrat di dalam darah yang akan melebarkan arteri dan pembuluh darah dalam tubuh, sehingga aliran darah meningkat.

3. Mengurangi gejala depresi

Cokelat sudah sejak lama dikenal dapat memperbaiki suasana hati seseorang. Menurut dr. Elson Haas, seorang penulis buku Staying Healthy with Nutrition, bubuk kakao dari biji kakao bisa memperbaiki suasana hati sekaligus mengatasi depresi.

4. Memperbaiki fungsi otak

Bubuk kakao memiliki kandungan polifenol yang bisa menurunkan resiko penyakit neurodegeneratif dengan cara memperbaiki fungsi otak dan aliran darah dalam tubuh.

5. Menurunkan tekanan darah

Kandungan flavonoid yang terkandung bubuk kakao ternyata juga dapat memperbaiki kadar oksida nitrat dalam darah. Ini juga bersamaan akan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Bahkan, temuan dalam Cochrane Library turut mendukung pernyataan tersebut.

Nah, sudah tahu kan manfaat kakao. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak