facebook

4 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Asma

Zakiy Marenda
4 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Asma
Ilustrasi buah kiwi (Pixabay.com/PublicDomainPictures)

Buah kiwi memiliki nama latin Actinidia deliciosa, berbentuk mirip seperti telur ayam serta memiliki warna cokelat dan terdapat bulu-bulu halus pada kulitnya. Buah ini sangat populer digunakan sebagai hiasan kue karena memiliki rasa yang manis dan juga mempunyai warna yang sangat menarik.

Buah kiwi juga cocok banget untuk kamu jadikan camilan yang sehat, karena banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya untuk kesehatan tubuh. 

Merangkum dari Hellosehat dan Alodokter, simak 4 manfaat buah kiwi untuk kesehatan berikut ini.

1. Meredakan asma

Adanya kandungan antioksidan dan juga vitamin C yang cukup tinggi pada buah kiwi bisa membantu untuk meredakan gejala asma, seperti sesak napas dan juga mengi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ada perbaikan organ bagian paru-paru pada penderita asma yang rajin mengonsumsi buah-buahan secara teratur, termasuk buah kiwi juga.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Selain mengandung antioksidan yang tinggi di dalamnya, buh kiwi juga memiliki kandungan serotonin yang tinggi pula. Serotonin adalah salah satu senyawa kimia otak yang bisa membantu untuk mengatur siklus tidur, sehingga membuat tidurmu menjadi lebih berkualitas dan jua nyenyak.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah ini, sehingga mampu untuk menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuhmu. Vitamin C merupakan salah satu unsur yang memiliki peran penting dalam membantu meningkakan daya tahan tubuh serta melawan suatu penyakit seperti flu.

Apabila kamu mengonsumsi buah kiwi sebanyak 180 gram, maka itu sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah kiwi mampu untuk meningkatkan bakteri baik yang ada di dalam usus, sehingga bisa membantu dalam mencegah adanya gangguan pada sistem saluran cerna seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS). Dengan mengonsumsi buah ini, maka akan mengurangi risiko terjadinya sembelit, karena berkat kandungan serat yang ada di dalam buah kiwi.

Selain beberapa manfaat yang telah diuraikan diatas, mengonsumsi buah kiwi juga bisa membantu dalam memelihara kesehatan tulang, menurunkan berat badan dan juga mengencangkan kulit.

Kamu bisa memperoleh manfaat dari buah kiwi ini dengan cara memakannya secara langsung, ataupun diolah terlebih dahulu menjadi beragam jenis minuman dan juga makanan, misalnya saja dijadikan smoothies ataupun kue. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak