facebook

4 Daftar Makanan dan Minuman yang Dapat Membantu Mengatasi Insomnia

Vallencia Zhang
4 Daftar Makanan dan Minuman yang Dapat Membantu Mengatasi Insomnia
Ilustrasi kacang almond (Pixabay.com)

Ketika kita mengalami insomnia, tentunya hal ini sangat menjengkelkan. Pasalnya, insomnia dapat mengganggu kualitas tidur kita. Selain itu, produktivitas kerja kita juga akan menurun karena kualitas tidur yang terganggu itu. Oleh karena itu, kita harus mulai membangun kebiasaan sehat agar dapat mengembalikan siklus tidur menjadi lebih teratur.

Di samping kebiasaan sehat yang dibangun, ternyata kita juga dapat mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang dianggap ampuh untuk mengatasi penyakit sulit tidur ini. Rata-rata makanan dan minuman ini pada umumnya mengandung nutrisi yang dapat memengaruhi hormon melatonin kita.

Mungkin, makanan dan minuman ini tidak dapat secara langsung menghilangkan insomnia. Akan tetapi, setidaknya, makanan dan minuman ini dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak.

Kira-kira, apa saja makanan dan minuman yang berpengaruh pada kualitas tidur kita, ya? Merangkum dari Hellosehat, berikut 4 daftar makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi insomnia.

1. Susu hangat

Menurut beberapa studi yang telah dilakukan, ditunjukkan bahwa adanya keterkaitan meminum susu di malam hari dengan mengatasi masalah tidur. Para ahli menduga bila hal ini berkaitan dengan kandungan triptofan dan melatonin yang ada pada susu.

Selain itu, ternyata susu hangat juga dapat memberikan efek psikologis yang kuat pada masa kanak-kanak dulu. Meminum segelas susu hangat sebelum tidur akan membuat tubuh kita lebih rileks yang membuat kita bisa tidur dengan nyenyak.

2. Teh chamomile

Teh chamomile mempunyai kandungan antioksidan yang dinamakan flavon. Zat antioksidan yang satu ini dapat membantu meredakan peradangan yang biasanya menjadi penghalang tidur nyenyak.

Tidak hanya itu, teh chamomile juga kaya kandungan antioksidan seperti apigenin yang berikatan dengan reseptor sel otak yang memunculkan rasa mengantuk di dalam tubuh kita. Sebuah studi menyatakan bila meminum teh chamomile secara rutin dapat membantu kita tidur lebih awal, sekitar 15 menit dari biasanya.

3. Daging ayam

Berikutnya, ada daging ayam yang dipercaya dapat membantu kita tertidur dengan nyenyak di malam hari. Dilansir dari American Sleep Association, kandungan triptofan adalah penyebabnya. Triptofan adalah bagian dari asam amino esensial yang di mana merupakan bagian terkecil dari protein yang tidak dapat diproduksi tubuh dengan sendirinya.

Triptofan diperoleh dari makanan. Triptofan ini berguna bagi tubuh karena nantinya akan dimanfaatkan dalam produksi serotonin, melatonin, serta vitamin B6, di mana ketiganya berperan penting membantu proses tidur.

Serotonin mampu memberikan rasa rileks pada tubuh, juga suasana hati yang baik. Sementara itu, vitamin B6 berperan penting dalam pembentukan melatonin yang merupakan hormon pengatur siklus tidur.

4. Kacang almond

Kacang yang satu ini adalah sumber alami hormon melatonin. Selain itu, kacang almond juga kaya akan mineral. Salah satunya ialah magnesium yang dapat membantu kita tidur dengan nyenyak. Magnesium dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh yang biasanya menjadi penghalang dari tidur nyenyak kita.

Mineral yang satu ini juga dipercaya mampu untuk mengurangi kadar kortisol yang merupakan hormon penyebab stres yang biasa mengganggu tidur di malam hari.

Itu adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi insomnia. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak