facebook

5 Bahan Herbal yang Berguna untuk Menjaga Kekebalan Tubuh, Kamu Harus Tahu!

Anang wan
5 Bahan Herbal yang Berguna untuk Menjaga Kekebalan Tubuh, Kamu Harus Tahu!
Ilustrasi bahan-bahan herbal (pixabay/monicore)

Apakah kamu sedang mencari obat herbal, yang bisa meningkatkan daya tahan tubuhmu?. Seperti yang kita tahu, daya tahan tubuh yang lemah juga bisa membuat tubuh kita lebih mudah terkena penyakit. Selain dengan asupan nutrisi, pola hidup sehat seperti olahraga dan tidur yang teratur juga perlu guna mendukung imunitas tubuh.

Nah, apa kamu ingin menjaga daya tahan tubuh tetap kuat? tapi dengan bahan-bahan herbal yang sudah terbukti khasiatnya? Berikut ini adalah bahan-bahan herbal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Yang dilansir dari laman hellosehat.com.

1. Ginseng

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Ya, ginseng sendiri sudah lama dikenal berkhasiat guna meningkatkan daya tahan tubuh.

Khasiatnya ini sudah tidak diragukan lagi, karena ginseng juga mengandung sejumlah senyawa aktif yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh.

Berikut adalah senyawa penting yang terdapat pada gingseng:

  • saponin
  • protein
  • asam amino
  • alkaloid
  • fenolik
  • terpenoid
  • fitosterol
  • vitamin B
  • sejumlah mineral

2. Bawang putih

Bahan yang sering kita jumpai di dapur ini ternyata banyak khasiatnya lho! Karena, bawang putih juga bermanfaat untuk daya tahan tubuh.

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yakni senyawa yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Kunyit

Dari rempah-rempah juga ada nih, ya kunyit. Memiliki ciri khas berwarna kuning, ternyata kunyit juga berkhasiat untuk kesehatan imun tubuh.

Perlu diketahui, kunyit juga bermanfaat dalam menurunkan sitokin yang menjadi pemicu peradangan. Jika kekebalan tubuh kuat dan terjaga, resiko terserang penyakit juga berkurang.

4. Daun kelor

Daun kelor tidak kalah juga akan khasiatnya. Sering dijadikan sup, daun kelor ternyata juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kamu juga harus tahu bahwa, daun kelor juga bermanfaat dalam mempercepat produksi sel fibroblas sehingga luka cepat sembuh serta mengurangi resiko terkena infeksi pada luka.

5. Meniran

Apakah kamu pernah mendengar nama tanaman ini? agak asing ya di telinga kita?atau kamu sering mendengarnya?

Tapi, perlu diketahui bahwa tanaman merupakan tanaman khas Indonesia dan sudah lama dipakai dalam hal kesehatan.

Meniran memiliki kandungan senyawa yang berguna mengurangi pelepasan senyawa sitokin penyebab peradangan tubuh.

Nah, gimana nih? sangat baik bukan khasiat dari bahan-bahan herbal diatas. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa jaga kesehatanmu juga!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak