facebook

7 Jenis Makanan yang Meningkatkan Sistem Imun dan Bantu Cegah Infeksi Virus

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
7 Jenis Makanan yang Meningkatkan Sistem Imun dan Bantu Cegah Infeksi Virus
Ilustrasi makanan peningkat imun (pixabay)

Belakangan ini telah banyak terjadi wabah virus yang berbahaya bagi tubuh. Sebut saja covid-19, hepatitis, hingga cacar monyet. Berbagai jenis virus ini akan mudah menjangkit setiap orang dengan sistem imun yang lemah, karena sistem imun berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi pada tubuh atau dengan kata lain berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh. 

Nah, kuat atau lemahnya sistem imun setiap orang dipengaruhi oleh jenis makanan yang kita konsumsi. Semakin tinggi kandungan gizi dan antioksidan pada makanan yang dikonsumsi setiap hari, maka akan semakin kuat pula sistem imunnya. Melansir dari laman OnHealth.com, inilah 7 jenis makanan peningkat sistem imun untuk bantu cegah infeksi virus.

1. Elderberry

Buah yang berwarna biru kehitaman ini telah digunakan sebagai obat selama berabad - abad lamanya. Sebagai salah satu jenis dari buah beri, ternyata elderberry mengandung antioksidan berupa flavonoid, antosianin, serta vitamin C yang tinggi. Antioksidan  tersebut mampu mencegah terjadinya infeksi virus dengan meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Acai beri

Acai beri berasal dari negara brazil, Trinidad dan negara amerika selatan lainnya. Buah yang berwarna ungu kehitaman ini memiliki antioksidan dari jenis antosianin yang tinggi, dimana antioksidan tersebut berperan sebagai stimulator sistem imun yang baik.

3. Semangka

Buah yang segar dan manis ini memiliki kandungan vitamin C, kalium, vitamin B6, serta glutathione yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

4. Yoghurt

Selain memiliki vitamin D dan vitamin B kompleks yang baik untuk menjaga imunitas tubuh, yoghurt juga mengandung probiotik Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus casei, dan Bifidus yang turut berperan dalam meningkatkan sistem imun terutama pada sistem pencernaan tubuh. 

5. Bayam

Jenis sayuran yang biasa dikonsumsi dalam bentuk salad ini memiliki kandungan asam folat, vitamin A, vitamin C, magnesium, serta zat besi yang tinggi. Berbagai kandungan zat gizi tersebut mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh dan memperbaiki jaringan sel yang rusak akibat infeksi virus.

6. Brokoli

Beragam jenis vitamin serta antioksidan yang terkandung pada brokoli, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, beta karoten, hingga glutathione mampu menjaga serta meningkatkan sistem imun tubuh serta melawan infeksi virus. 

7. Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai salah satu obat antivirus yang mampu mencegah serta melawan infeksi virus. Selain itu bawang putih mengandung zat sulfur yang akan bereaksi membentuk allicin  sehingga membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Itulah 7 jenis makanan peningkat sistem imun untuk bantu cegah infeksi virus, semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak