facebook

Sudah Tahu Belum! Ini 5 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Anang wan
Sudah Tahu Belum! Ini 5 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan
ilustrasi nasi merah (pixabay.com)

Selain beras putih yang sering kita konsumsi, ada juga namanya beras “merah”. Ya, beras merah seringkali dijadikan sebagai pilihan makanan bagi orang yang sedang diet atau ingin menjalani pola hidup sehat.

Bukan berarti beras putih tidak sehat ya! Beras putih sehat kok! Tapi, beras merah dianggap lebih sehat ketimbang beras putih. Karena, beras merah mengandung kalori yang lebih rendah, serta memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari nasi putih.

Nah, penasaran dengan kelanjutannya! Yuk simak terus ya. 

Sama halnya dengan beras putih, beras merah juga biji-bijian utuh yang lebih kaya nutrisi ketimbang beras putih. Beras merah sendiri adalah sumber karbohidrat yang rendah kalori, tinggi serat, bebas gluten, dan tidak mengandung lemak trans.

Namun, apa sajakah manfaat beras merah? Berikut ini adalah sejumlah manfaatnya, yang dirangkum dari laman hellosehat.com.

1. Melawan radikal bebas

Beras merah mengandung antosianin yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat radikal bebas. Kamu harus tahu, jika stres oksidatif dibiarkan terus-menerus maka dapat merusak sel dan jaringan, serta menyebabkan peradangan.

2. Menurunkan kolesterol

Beras merah juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Ya, ini karena kandungan seratnya. Kita juga tahu, kalau mengkonsumsi serat dipercaya dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Bahkan, kandungan serat pada beras merah lebih tinggi ketimbang beras putih. Jadi beras merah lebih efektif dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah jika dibandingkan dengan beras putih.

3. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang bisa disebabkan karena tingginya kadar kolesterol di dalam darah. 

Sementara itu, mengkonsumsi beras merah secara rutin dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. 

4. Menurunkan kadar gula darah

Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah jika dibandingkan dengan beras putih. Inilah mengapa beras merah bermanfaat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Dengan begitu, kadar kolesterol yang turun akan membantu mengontrol diabetes.

5. Mengurangi resiko obesitas

Manfaat beras merah juga baik untuk penyakit obesitas. Ya, kandungan serat pada beras merah berperan dalam hal ini.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada beras merah bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Sehingga nafsu makan dapat terkontrol, dan bermanfaat untuk mencegah resiko obesitas.

Nah, gimana nih! Cukup menarik bukan manfaat dari beras merah ini. Selain warnanya yang unik, khasiatnya juga banyak lho!

Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak