facebook

Kamu Harus Tahu! Ini 3 Bahaya Makan Daging Mentah

Anang wan
Kamu Harus Tahu! Ini 3 Bahaya Makan Daging Mentah
Daging merah, daging mentah. (Shutterstock)

Ada banyak jenis makanan yang biasa dan sering dikonsumsi oleh manusia. Mulai dari sayuran, biji-bijian, buah-buahan, dan juga daging. Namun, tahukah kamu kalau ada sejumlah bahaya jika kita mengkonsumsi daging mentah, ini perlu diwaspadai!

Daging sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari daging sapi, unggas, dan juga hewan laut(seafood). Semua daging tersebut mengandung protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh.

Protein sendiri bermanfaat dalam meningkatkan massa otot dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. 

Namun, pernahkah kamu mencoba mengkonsumsi daging mentah? Ya, makan daging mentah sering diolah menjadi beraneka ragam hidangan. Tapi, kamu harus waspada! Kamu harus memperhatikan tingkat kematangan daging sebelum mengkonsumsinya.

Bukannya dapat manfaatnya, malah nantinya akan membahayakan tubuh. Nah, berikut ini ada sejumlah bahaya dari konsumsi daging mentah, yang dirangkum dari laman alodokter.com.

1. Infeksi cacing pita

Bahaya pertama dari konsumsi daging mentah adalah infeksi cacing pita atau taeniasis.  Bahkan, cacing pita biasa ditemukan pada daging sapi dan daging babi yang masih mentah atau setengah matang.

Ada banyak gejala yang bisa ditimbulkan seperti mual dan muntah, demam, sakit perut, menurunnya nafsu makan, hingga penurunan berat badan.

2. Infeksi Escherichiacoli

Kamu harus tahu, kalau daging yang masih mentah belum matang sepenuhnya dapat mengandung berbagai jenis bakteri, salah satunya Escherichia coli.  Kamu pasti mendengar istilah infeksi E.coli, infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri tersebut.

Biasanya gejala yang ditimbulkan oleh infeksi bakteri ini adalah diare, mual, muntah, kram perut, dan BAB berdarah.

3. Salmonellosis

Ini merupakan penyakit pada sistem pencernaan dan disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri ini bisa ditemukan pada daging mentah, telur mentah, dan susu yang pebul dipasteurisasi.

Gejala yang ditimbulkan serupa dengan yang terjangkit infeksi E.coli.

Nah, itulah tadi sejumlah bahaya mengkonsumsi daging mentah. Alih-alih mendapatkan manfaatnya, eh malah dapat penyakit.

Masaklah daging hingga benar-benar matang, jangan sampai karena daging mentah kamu terkena penyakit.Oleh sebab itu, kamu harus mengolah daging dengan cara yang sehat ya!

Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak