facebook

Segera Cek! 6 Buah Ini Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Anang wan
Segera Cek! 6 Buah Ini Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol
Ilustrasi buah-buahan (freepik.com)

Kolesterol yang tinggi, seperti yang kita tahu dapat menyebabkan serangan jantung. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, salah satunya buah-buahan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Buah-buahan dikenal dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi karena kandungan seratnya yang larut air. Salah satu jenis serat larut air adalah pektin, yakni dapat membantu menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol ke dalam aliran darah.

Lantas, apa saja buah-buahan tersebut. Berikut ini ada 6 buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Yang dilansir dari laman hellosehat.com.

1. Pepaya

Selain baik untuk pencernaan, buah pepaya ternyata juga baik untuk menurunkan kolesterol. Selain harganya yang terjangkau, untuk mendapatkan buah ini juga mudah.

Pepaya sendiri tinggi akan kandungan antioksidan, seperti likopen, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Sejumlah antioksidan yang ada pada pepaya bekerja dengan enzim paraoxonase yang akan menghambat terjadinya pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah.

2. Jeruk

Siapa sangka, buah yang tinggi vitamin C ini juga baik lho untuk menurunkan kolesterol. Karena, jeruk termasuk buah yang kaya akan serat larut air sehingga bisa mengikat kolesterol yang terserap di usus halus.

Selain itu, vitamin C yang tinggi pada jeruk juga membantu mencegah kelebihan kolesterol jahat serta mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

3. Tomat

Tomat, ya Tomat! Tomat memiliki kandungan senyawa bernama likopen. Yakni senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tomat juga mengandung serat yang dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh untuk kebal terhadap proses oksidasi.

4. Apel

Apel mengandung pektin, terutama pada kulitnya. Seperti yang sudah dijelaskan, pektin akan menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus. Kemudian, lemak akan dibawa keluar tubuh melalui feses dan urine. Selain itu, apel juga tinggi akan vitamin dan antioksidan polifenol yang mampu mengurangi peradangan.

5. Pir

Tahukah kamu! kandungan serat pada buah pir lebih tinggi dibandingkan apel. Dan sama halnya dengan apel, buah pir juga kaa akan pektin yang dapat mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar tubuh.  Nah, hasilnya kadal kolesterol jahat dalam tubuh pun menurun.

6. Alpukat

Buah alpukat merupakan sumber dari lemak tak jenuh tunggal. Hal ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, sehingga baik untuk pencegahan penyakit jantung.

Selain itu, alpukat juga kaya akan kandungan antioksidan berupa glutathione, yang berperan dalam mencegah penyakit jantung dan kanker.

Nah, gimana nih! Sudah tahu kan apa saja buah yang baik untuk menurunkan kolesterol. Jaga terus kadar kolesterol mu ya, dan tingkatkan terus kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak