facebook

Si Manis Es Krim yang Kaya Manfaat

Aprilia Ningrum
Si Manis Es Krim yang Kaya Manfaat
Ilustrasi es krim. (unsplash.com)

Hampir semua orang menyukai es krim mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Es krim merupakan makanan beku dari susu yang memiliki tekstur lembut. Es krim sangat nikmat dikonsumsi terutama saat cuaca sangat panas. Kini berbagai varian rasa dan bentuk es krim ada tinggal pilih sesuai selera.

Selain rasa manisnya ternyata es krim juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Mau tau apa saja? 

1. Menjaga kesehatan tulang

Dalam 1 buah es krim mengandung sekitar 128 gram kalsium. Dalam sehari tubuh membutuhkan kalsium sekitar 1000 mg. Kalsium sendiri berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Menurut Kementrian Kesehatan jika konsumsi kalsium kurang maka pembentukan tulang baru akan terhambat dan puncak kepadatan tulang tidak sempurna. Kekurangan kalsium dapat memicu penyakit tulang seperti osteoporosis.

2. Mengembalikan mood 

Makan es krim bisa memperbaiki suasana hati yang sedang kacau, kok bisa? karena kandungan gula dalam es krim memicu pelepasan hormon yang dinamakan serotonin. Mengutip dari situs halodoc.com hormon serotonin yaitu hormon yang dapat memberikan perasaan bahagia. 

3. Membantu mengobati sariawan 

Es krim dapat membantu menenangkan rasa tidak nyaman akibat sariawan. Mengutip dari situs detikhealth, mengonsumsi makanan dingin seperti es krim dapat membantu meredakan nyeri yang disebabkan oleh sariawan.

4. Sumber energi

Jika tubuh merasa lemas makan es krim dapat membantu mengembalikan tenagamu  yang terkuras. Melansir dari postingan facebook ANTARANEWS SUMBAR kandungan gula dalam es krim membantu tubuh agar mendapatkan energi baru. Es krim juga mengandung lemak, protein, dan karbohidrat yang baik bagi kesehatan.

5. Kaya vitamin dan mineral

Mengutip dari situs sehatq.com es krim mengandung nutrisi penting seperti vitamin A , D, K , B12 , kalsium dan fosfor

  • Vitamin A berperan penting untuk kesehatan mata dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin D, kalsium, dan fosfor membantu pertumbuhan tulang dan gigi dan mencegah kerapuhan tulang pada lansia.
  • Vitamin K membantu proses pembekuan darah bila tubuh kekurangan vitamin K darah akan sulit membeku.
  • Vitamin B12 menjaga kesehatan kulit dan rambut, mengoptimalkan fungsi saraf.

Itu dia manfaat es krim bagi kesehatan. Ingat konsumsi es krim dengan porsi yang wajar jika terlalu berlebihan malah akan menimbulkan masalah kesehatan seperti obesitas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak