facebook

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat dan Risiko Konsumsi Cangkang Telur

Fajrina Annisa
Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat dan Risiko Konsumsi Cangkang Telur
ilustrasi cangkang telur (pexels.com/Klaus Nielsen)

Selama ini kita hanya memakan isi telur yang memiliki manfaat sehat bagi kamu yang ingin melakukan diet.Namun, ternyata cangkang telur pun memiliki berbagai manfaat yang mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kita. Meskipun kebanyakan orang langsung membuang kulit telur setelah membuat makanan menggunakan telur, tetapi kamu bisa mengonsumsi kulit telur sama seperti memakan kuning telur ataupun putih telur, lho!

Nah, sebelum memutuskan untuk memakan cangkang telur, ada baiknya kamu mengetahui beberapa manfaat hingga risiko memakan cangkang telur yang dirangkum dalam ulasan dibawah ini, ya! 

1. Melindungi enamel gigimu

ilustrasi dummy gigi (pexels.com/emirkhan bal)
ilustrasi dummy gigi (pexels.com/emirkhan bal)

Salah satu manfaat yang diberikan oleh cangkang telur yaitu bisa melindungi enamel gigimu. Mengutip Dr. Axe, bubuk cangkang telur ayam merupakan komponen penting untuk studi gigi yang berfokus pada remineralisasi email gigi.

Sebuah penelitian yang dikutip dari Dr. Axe menyatakan bahwa bubuk cangkang telur yang dicampurkan ke dalam larutan gliserin atau gel metilselulosa, lalu dioleskan ke gigi yang telah didemineralisasi secara kimia akan menghasilkan peningkatan enamel baru pada gigi rusak tersebut.

2. Kaya akan kandungan kalsium

ilustrasi cangkang telur (pexels.com/Anna Shvets)
ilustrasi cangkang telur (pexels.com/Anna Shvets)

Jika kamu ingin memenuhi kebutuhan kalsium, maka kamu bisa konsumsi cangkang telur. Hal ini dikarenakan satu kulit telur bisa memenuhi dua kali lipat kebutuhan kalsium harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa, sehingga cangkang telur bisa menjadi sumber makanan yang kaya kalsium terbaik.

Bila kamu merasa kekurangan kalsium dan ingin mendapatkan asupan kalsium dengan harga yang murah, maka cangkang telur bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, sebelum mengonsumsi cangkang telur, pastikan kamu tahu cara membuatnya dengan cara yang benar, ya!

3. Bisa memperkuat tulang dan membantu penderita osteoporosis

ilustrasi penderita osteoporosis (pexels.com/Karolina Grabowska)
ilustrasi penderita osteoporosis (pexels.com/Karolina Grabowska)

Penderita osteoporosis akan sangat menderita karena kehilangan kepadatan tulang mereka, sehingga membuat tulang menjadi mudah patah. Tetapi, jangan khawatir, karena salah satu manfaat cangkang telur bisa memberikan manfaat bagi penderita osteoporosis!

Hal ini bisa dilihat dari temuan yang dikutip melalui Dr. Axe, dengan adanya tambahan kalsium, strontium, dan fluor yang terkandung dalam cangkang tluer, maka bisa mempengaruhi metabolisme pada tulang dan merangsang pertumbuhan tulang rawan.

Mengutip Healthline, cangkang telur bisa efektif dalam mengurangi risiko seseorang terkena osteoporosis daripada kalsium karbonat murni.  

4. Menjadi obat untuk sakit maag

ilustrasi seseorang sakit maag (pexels.com/Sora Shimazaki)
ilustrasi seseorang sakit maag (pexels.com/Sora Shimazaki)

Jika kamu memiliki sakit maag, kamu bisa mulai mencoba konsumsi cangkang telur. Mengutip Lybrate, obat alami yang bisa mengatasi sakit maag yaitu cangkang telur. Hal ini dikarenakan adanya nutrisi penting dalam cangkang telur, sehingga ideal untuk kamu yang memiliki kondisi sakit maag.

Kamu bisa campurkan bubuk cangkang telur yang sudah dihaluskan atau dilunakkan dengan susu hangat. Kedua campuran ini bisa membantu kamu dalam proses penyembuhan sakit maag jika kamu mengonsumsi keduanya secara teratur. 

5. Memberikan keuntungan pada kesehatan sendi

ilustrasi sendi kuat (pexels.com/Andrea Piacquadio)
ilustrasi sendi kuat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa yang menyangka bahwa cangkang telur bisa memberikan keuntungan bagi kesehatan sendi kita? Dikutip dari Healthline, kamu bisa membuat cangkang telur bersamaan dengan membrannya yang berada di antara kulit telur dan putih telur.

Membran cangkang telur mengandung protein dan kolagen. Selain itu, terdapat kandungan dalam jumlah kecil seperti kondroitin sulfat, glukosamin, dan nutrisi lainnya. Terdapat beberapa studi yang menunjukkan bahwa konsumsi suplemen membran kulit telur secara teratur dapat memberikan manfaat bagi persendianmu.

Kamu bisa mulai konsumsi cangkang telur yang sudah diolah dengan baik untuk mendapatkan manfaat ini.

Risiko memakan cangkang telur

ilustrasi cangkang telur (pexels.com/Klaus Nielsen)
ilustrasi cangkang telur (pexels.com/Klaus Nielsen)

Meskipun memiliki beragam manfaat dalam cangkang telur, tetapi terdapat risiko memakan cangkang telur yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mampu mempersiapkan cangkang telur dengan benar, maka konsumsi cangkang telur akan dianggap aman.

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain:

Hindari menelan pecahan cangkang telur yang memiliki ukuran besar, karena bisa melukai kerongkongan dan tenggorokanmu.Terdapat kemungkinan cangkang telur terkontaminasi bakteri, seperti salmonella enteritidis, sehingga bisa berisiko keracunan makanan.

Kamu perlu merebus telur terlebih dahulu sebelum memakan cangkang telurnya.Kemungkinan suplemen kalsium alami mengandung logam beracun yang relatif tinggi, misalnya seperti timbal, aluminum, kadmium, dan merkuri. Tetapi, jumlah unsur-unsur beracun dalam cangkang telur tergolong lebih rendah bila dibandingkan dengan sumber kalsium alami lainnya, jadi tidak terlu menjadi perhatian.

Mengonsumsi cangkang telur bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kita. Tetapi, dengan catatan, kamu perlu perhatian yang lebih ekstra dalam mengolahnya, karena bisa menjadi berbahaya untuk dirimu alih-alih mendapatkan manfaatnya. Untuk pilihan yang lebih aman, kamu bisa membeli suplemen cangkang telur yang tersedia di e-commerce.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak