4 Alasan Pentingnya Ventilasi Rumah yang Masih Jarang Diketahui

Sunatus Solikhah
4 Alasan Pentingnya Ventilasi Rumah yang Masih Jarang Diketahui
Ilustrasi ventilasi rumah (Pexels/Carlos Caamal)

Masih banyak orang yang belum benar-benar memahami pentingnya ventilasi rumah. Jadi, alangkah baiknya bila ventilasi ini perlu dijadikan salah satu pertimbangan yang perlu ada saat menempati sebuah rumah.

Sebagai makhluk hidup, menghirup udara segar tentunya menjadi hal yang sangat penting diperhatikan. Bukan hanya memberikan kenyamanan tapi juga terhindar dari berbagai penyakit membahayakan. Merangkum situs SehatQ, inilah 4 alasan pentingnya memiliki ventilasi rumah:

1. Mengurangi Kelembapan yang Ada dalam Rumah

Alasan pertama, mengurangi kelembapan yang ada dalam rumah. Ketika ruangan dalam rumah dibiarkan lembab tanpa ventilasi, berpotensi merusak struktur bangunan. Selain itu, juga bisa menimbulkan pertumbuhan jamur yang membahayakan kesehatan.

Sedangkan dengan adanya ventilasi, hal-hal tersebut bisa dihindari. Lantai, dinding dan seluruh benda yang ada dalam ruangan rumah menjadi tetap kering. Jadi, kamu tidak perlu khawatir terhadap bahaya ruangan yang lembab.

BACA JUGA: Sering Gerah? Ini 5 Tips Jaga Ruangan Tetap Sejuk Meski Tanpa AC

2. Menghemat Penggunaan Energi Listrik

Alasan selanjutnya, menghemat penggunaan energi listrik. Bagaimana bisa? Jadi, ketika ruangan tanpa ventilasi, akan membuatnya terasa panas, pengap dan gelap. Hal ini membuat banyak orang menyalakan lampu, kipas angin maupun AC.

Untuk menyalakan ketiga jenis perangkat elektronik ini memerlukan daya listrik yang tentu saja berbayar. Berbeda bila kamu memiliki ventilasi yang baik, pencahayaan dan udara alami akan masuk ke dalam ruangan tanpa harus menyalakan perangkat elektronik.

3. Membantu Mengeluarkan Penumpukan Polutan

Alasan pentingnya ventilasi rumah lainnya yang jarang diketahui adalah membantu mengeluarkan penumpukan polutan. Untuk beberapa situasi, terkadang udara yang ada di dalam rumah jauh lebih tercemar bila dibandingkan dengan udara di luar.

Dengan adanya ventilasi, penumpukan polutan dalam rumah bisa dihindari. Bukan hanya polutan, tapi juga bau tidak sedap, kelembapan maupun paparan bakteri. Jadi, kamu bisa lebih nyaman saat menempati ruangan tersebut.

BACA JUGA: 5 Tips Mudah Maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah agar Hemat Listrik, Warna Cat Memengaruhi

4. Mencegah Timbulnya Penyakit Asma

Alasan terakhir, mencegah timbulnya penyakit asma atau lainnya yang bisa mengganggu pernapasan. Hal ini relevan dengan ruangan tanpa ventilasi keadaannya lembab serta berjamur.

Ruangan lembab akan menyebabkan tungau debu berkembang biak dalam jumlah lebih banyak. Saat tungau debu menyerang sistem pernapasan serta bersentuhan dengan kulit bisa mengganggu kesehatan tubuh. Seperti gatal, eksim dan permasalahan pernapasan.

Karena beberapa alasan tersebutlah, harusnya tidak ada alasan lagi untuk tidak memasang ventilasi pada rumah. Jangan abaikan pentingnya ventilasi rumah bila tidak ingin hal-hal membahayakan bagi tubuh terjadi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak